Fitur Pilihan Update Driver Akan Kembali Pada Windows 10

Ketika pertama kali dirilis, salah satu masalah utama yang menimpa banyak pengguna adalah driver chip grafik. Kemudian Microsoft menyediakan update secara berkala melalui Windows Update yang berjalan secara...

230 0
230 0

Ketika pertama kali dirilis, salah satu masalah utama yang menimpa banyak pengguna adalah driver chip grafik. Kemudian Microsoft menyediakan update secara berkala melalui Windows Update yang berjalan secara otomatis, namun sayangnya ketika itu justru menimbulkan crash dengan berbagai driver yang dirilis oleh Radeon Software dan GeForce Experience. Syukurlah saat ini Microsoft sudah berhasil memperbaiki masalah tersebut. Kabar baiknya lagi, pengguna Windows 10 nantinya akan bisa mengontrol pilihan update driver secara penuh ketika menggunakan tool Windows Update.

Microsoft akan menyertakan fitur tersebut bersamaan dengan Windows 10 Build 15002 yang terkuak pekan ini dan akan terlebih dahulu dinikmati oleh anggota Windows Insider sebelum akhir bulan ini. Sebagaimana yang sudah dijelaskan oleh MSpowerUser (via KitGuru), Windows 10 versi build tersebut akan dilengkapi tombol pilihan pada Windows Update yang memungkinkan pengguna untuk mengecualikan driver update pada Windows Update. Dengen demikian pengguna bisa memilih apakah ingin mengupdate driver ataukah tidak.

Namun sayangnya solusi yang ditawarkan Microsoft tersebut masih belum bisa menyelesaikan secara penuh masalah pada game berbasis Universal Windows Platform (UWP) yang melakukan update paksa driver terbaru yang dioptimasi untuk game tersebut. Padahal yang umum terjadi ketika driver dirilis bersamaan dengan launching game AAA, maka bug-bug bisa terselip diantara celah-celah software-nya. Namun mengingat bahwa Microsoft sudah memberikan akses kepada pengguna Windows 10 untuk memilih update driver pada Windows Update, maka diharapkan fitur pilihan tersebut juga akan ditambahkan pada Windows Store.

Windows 10 Build 15002 akan dirilis secara terbatas pada tester dan member Windows Insider terlebih dahulu. Kemudian selanjutnya akan diintegrasikan pada Windows Creators Update yang akan dirilis April mendatang yang juga akan mendukung penuh perangkat VR.

In this article

Join the Conversation


Lewat ke baris perkakas