Windows 10 Creators Update, Versi Update Windows 10 Dengan Fitur Baru Yang Revolusioner

Microsoft memperkenalkan versi update besar-besaran untuk Windows 10 pada Microsoft Surface event kemarin, tidak hanya pengumuman hardware Surface Studio dan Surface Book i7 saja. Raksasa software tersebut menyebutnya dengan...

572 1
572 1

Microsoft memperkenalkan versi update besar-besaran untuk Windows 10 pada Microsoft Surface event kemarin, tidak hanya pengumuman hardware Surface Studio dan Surface Book i7 saja. Raksasa software tersebut menyebutnya dengan Windows 10 Creators Update dan akan tersedia gratis pada musim semi atau sekitar triwulan kedua 2017. Dari namanya sudah terlihat sangat jelas bahwa fokus dari update baru tersebut adalah kreativitas, dimana Microsoft membagi fitur-fitur baru tersebut dalam 3 kategori utama: 3D, Gaming, dan People.

3D Untuk Semua Kalangan

Microsoft menginginkan Windows 10 tidak hanya menjadi “kiblat” dari Virtual Reality, namun juga Augmented Reality dan komputasi holografik, yang mereka sebut dengan HoloLens. Untuk merealisasikannya Microsoft memperkenalkan berbagai tool aplikasi untuk mendukung konten 3D.

Pada sebuah demonstrasi yang dilakukan oleh staf Microsoft di panggung presentasi, mereka menunjukkan bagaimana sesorang mampu mengambil gambar 3D istana pasir menggunakan smartphone, lalu di-upload ke aplikasi Paint, lalu diedit dan diteliti kembali melalui Augmented Reality via Hololens, dan akhirnya dikirim ke orang lain untuk bisa dilihat melalui Virtual Reality. Microsoft menyatakan bahwa mereka ingin para konsumen menyelami dunia 3D semudah membolak-balik dokumen.

Kreasi Konten 3D Pada Aplikasi Windows

Kemudahan kreasi konten 3D berarti mengadaptasikan dukungan 3D pada berbagai software klasik pada Windows. Pada presentasi tersebut Microsoft mendemonstrasikan dua contoh software tersebut, Paint dan PowerPoint, dengan menunjukkan kemampuan software tersebut dalam membuat dan mengedit obyek 3D.

Pada Paint 3D anda dapat membuat obyek 3D sederhana lalu bagikan via SketchUp atau media sosial, bahkan obyek 3D tersebut dapat diedit menggunakan Minecraft lalu realisasikan melalui 3D printer. Pada PowerPoint anda dapat mengintegrasikan obyek 3D pada koleksi 3D clipart lalu memasukkan obyek 3D tersebut ke dalam slide presentasi. Dan kedepannya Microsoft akan semakin mengimplementasikan fitur 3D pada berbagai aplikasi populer.

VR Murah Untuk Semua

Microsoft juga bekerjasama dengan berbagai perusahaan teknologi yang menjadi partenrnya selama ini untuk menjadikan akses teknologi VR menjadi semakin terjangkau. Berbagai produsen komputer diantaranya HP, Dell, Lenovo, ASUS, dan ACER akan memproduksi headset baru berteknologi six-degree-of-freedom (6DoF) head tracking atau pelacak kepala 6 arah gerak bebas, dengan banderol harga dimulai dari USD 299. Microsoft menargetkan agar VR semakin mudah diakses sebanyak mungkin, karena tidak ada gunanya bagi Microsoft untuk mendukung dan mendorong kreasi konten 3D jika para pengguna tidak bisa leluasa mengamatinya via VR. Microsoft belum menjelaskan detial lebih lanjut mengenai produk VR tersebut.

Streaming dan Broadcasting Permainan Game

Kedepannya para pengguna Windows 10 bisa menonton siaran streaming gamer lain dan bahkan bisa membuat live streaming sendiri yang bisa disiarkan kepada pengguna lain menggunakan layanan game streamng yang disebut dengan Beam, aplikasi tersebut akan hadir dan terintegrasi pada Windows 10 Creators Update. Microsoft menyatakan bahwa aplikasi ini akan menjadikan akses streaming dan siaran game semudah dan sesimpel mungkin. Tidak lupa Beam juga akan dilengkapi dengan berbagai fitur untuk memudahkan interaksi antara gamer penyiar dengan penonton.

Microsoft juga memperkenalkan layanan baru untuk membuat turnamen sendiri secara privat dengan relasi atau kawan-kawan. Fitur yang terdapat pada software Xbox Live yang disebut dengan Arena tersebut akan menghandle berbagai tugas statistik seperti pencatatan skor dan statistik permainan sehingga pengguna hanya tinggal bermain saja.

Interaksi Antar Pengguna Via Taskbar

Fitur terakhir yang dipresentasikan Microsoft ini memang tergolong kurang bombastis dan kurang menarik, namun justru bisa menjadi fitur yang paling berguna bagi sebagian besar pengguna Windows 10. Pada Windows 10 Creators Update, pengguna bisa mem-pin ikon beberapa akun teman atau kerabat pada taskbar Windows. Anda dapat men-drag dan drop file pada ikon-ikon tersebut untuk membaginya kepada mereka semudah dan secepat mungkin. Sistem ini juga akan dapat menjadi pusat untuk aplikasi chatting dan perpesanan, mengintegrasikan komunikasi dari berbagai aplikasi seperti Skype dan email untuk membuatnya mudah diakses dalam satu lokasi atau bisa dibilang one stop cummunication solution. Microsoft melengkapinya juga dengan emoji untuk interaksi yang lebih dinamis dan hidup.

The Verge melaporkan bahwa Microsoft tidak menjelaskan secara detail kapan Windows 10 Creator Update akan tersedia via download, namun Microsoft hanya memberikan gambaran sekilas bahwa update tersebut akan dirilis musim semi 2017 besok. Namun bagi para pengguna yang terdaftar sebagai member Windows Insider bisa mendapatkan versi betanya mulai pekan ini.

 

In this article

Join the Conversation

1 comment

  1. Spesifikasi Minimal PC Untuk Virtual Reality Windows 10 Ternyata Sangat Ringan - Informasi Hardware, Gadget , TIps dan Trik Balas

    […] Windows 10 versi Creators Update yang menitikberatkan 3D Gaming dan film 4K, persyaratan spesifikasi yang dibutuhkan akan semakin […]


Lewat ke baris perkakas