Proses Upgrade Windows 10 Creators Update Akan Jauh Lebih Ringan Hingga 35%

Selama ini upgrade atau update versi Windows 10 telah dikenal selalu memakan waktu lama, terutama proses downloadnya karena ukuran file-nya yang besar. Pada Windows 10 Creators Update Microsoft...

478 0
478 0

Selama ini upgrade atau update versi Windows 10 telah dikenal selalu memakan waktu lama, terutama proses downloadnya karena ukuran file-nya yang besar. Pada Windows 10 Creators Update Microsoft akan memperkenalkan teknologi baru, Unified Update Platform (UUP). Seluruh fitur platform tersebut akan bekerja pada versi PC, smartphone, IoT dan Hololens yang didesain untuk mempermudah update.

Pada UUP Windows 10 ini Microsoft akan melakukan pemangkasan ukuran file Windows 10 yang akan didownload. Tujuannya adalah untuk menekan konsumsi internet dan pemakaian baterai perangkat. Microsoft merancang Windows 10 untuk hanya mendownload sebagian update yang dibutuhkan oleh perangkat secara berbeda-beda. Paket download update yang berbeda tersebut hanya terdiri dari versi update tertentu saja, tidak seluruh file instalasi Windows 10 yang utuh. Microsoft menjanjikan reduksi ukuran file hingga 35% m dengan metode baru ini.

Bill Karagounis, dari Microsoft menyatakan bahwa update ini sebagian besar dilakukan oleh Windows Update service sehingga oprasi pengecekan update menjadi lebih cepat. Dia juga menambahkan bahwa pengguna tidak akan melihat perubahan secara langsung dengan adanya fitur UUP karena semua sistemnya berjalan di balik layar.

Fitur ini pertama kalinya akan diterapkan pada Windows 10 Mobile versi Insider sehingga smartphone Windows 10 tidak perlu lagi melakukan update berkali-kali jika versi build Windowsnya masih generasi belakangan. Sedangkan versi PC Windows Insider Program baru bisa mencicipinya akhir tahun ini.

Windows Creators Update sendiri akan dirilis sekitar musim semi 2017 atau sekitar kuartal pertama tahun depan dan akan langsung terintegrasi dengan fitur UUP.

 

In this article

Join the Conversation


Lewat ke baris perkakas