Para Produsen Komputer & Gadget Membentuk Standar Stylus

Jika anda termasuk pengguna rutin pena Stylus pada gadget dan komputer, maka anda akan bingung bahkan panik jika tetiba saja anda lupa meletakkannya terlebih lagi jika kehilangannya. Tidak jarang anda...

278 0
278 0

Jika anda termasuk pengguna rutin pena Stylus pada gadget dan komputer, maka anda akan bingung bahkan panik jika tetiba saja anda lupa meletakkannya terlebih lagi jika kehilangannya. Tidak jarang anda terpaksa harus merogoh kocek cukup dalam hingga jutaan rupiah untuk membeli gantinya yang kompatibel dengan gadget anda.

Baru-baru ini lebih dari 30 perusahaan teknologi global berkolaborasi membentuk Universal Stylus Initiative (USI), termasuk diantaranya Intel, Dell, HP, Lenovo, Sharp, Synaptics, dan Wacom. USI merupakan standardisasi industri stylus sebagaimana standar USB untuk port antarmuka data. Tujuan utamanya yaitu menciptakan standar stylus yang seragam tanpa harus menggunakan driver atau sistem yang spesifik. Namun sayangnya 3 raksasa teknologi yang paling intensif mengembangkan produk stylus pada produk gadgetnya yaitu Apple dengan iPad Pro, Samsung dengan Galaxy Note dan Tab-nya, serta Microsoft dengan Surface-nya justru masih belum bergabung dengan USI.

Standar USI sendiri sudah mulai tahap riset dan pengembangan, Digital Trends mengabarkan bahwa Intel sudah mulai menjabarkan dasar konsep USI tersebut. Pada event Intel Development Forum (IDF) raksasa microchip tersebut menjelaskan bahwa USI akan berupa teknologi yang ditanamkan pada teknologi kontroler sentuh pada gadget yang sudah eksis selama ini. Setelah ditanamkan maka stylus akan berkomunikasi dengan layar sentuh dengan membentuk koneksi nirkabel semacam wi-fi dengan jarak yang sangat pendek hanya beberapa milimeter. Teknologi USI ini akan mampu menghandle kontak 6 stylus sekaligus secara bersamaan.

Fitur lain dari standar USI adalah memberikan ruang modifikasi tambahan bagi produsen stylus, dengan demikian produsen bisa memodifikasi stylus yang mereka buat sesuai dengan yang mereka inginkan. Modifikasi tambahan ini membutuhkan instalasi driver tersendiri tergantung fitur spesifikasi produsen, namun tetap dibatasi agar tidak keluar standar. Ruang modifikasi ini memungkinkan produsen membuat stylus dengan tombol-tombol ekstra untuk meningkatkan kenyamanan pengguna.

Walau USI 1.0 sudah diluncurkan beberapa hari lalu, namun produknya sendiri masih jauh dari rilis pasar. Menurut Intel aplikasi teknologi tersebut baru tersedia di pasaran paling cepat tahun 2018.

In this article

Join the Conversation


Lewat ke baris perkakas