Ulasan Singkat SSD OCZ Vector 150

Nama OCZ memang sudah begitu familiar di telinga para pengguna PC. OCZ sebagai produsen yang populer akan produk PSU berkualiltas tinggi memang bukan isapan jempol semata. Pasalnya, OCZ...

45 0
45 0

Nama OCZ memang sudah begitu familiar di telinga para pengguna PC. OCZ sebagai produsen yang populer akan produk PSU berkualiltas tinggi memang bukan isapan jempol semata. Pasalnya, OCZ telah melengkapi jajaran SSD kelas premiumnya, yakni lewat kehadiran SSD OCZ Vector. Seperti kita ketahui, SSD (Solid State Drive) kini memang sedang banyak dicari pengguna PC notebook atau desktop sebab bisa meningkatkan memori untuk PC mereka. Untuk itu, tak heran jika banyak pabrikan yang turut memproduksi SSD lewat beragam spesifikasi dan fitur yang disematkan. Tak terkecuali pada produk SSD OCZ Vector ini.

OCZ memang terkenal karena produk-produknya secara khusus difokuskan untuk pencinta game dengan kualitas yang handal tentunya. Vector 150 merupakan bukti nyata SSD OCZ teranyar yang menawarkan performa mumpuni. SSD ini memiliki tingkat kecepatan jauh lebih tinggi dibandingkan hard disk. Namun, harga tiap GB SSD dibanderol lebih mahal dibanding harga hard disk itu sendiri.

Desain Mini dan Simpel

SSD OCZ Vector 150 ini hadir lewat desainnya yang mini dan simpel dengan form faktor berukuran 2,5 inchi serta ketebalan berukuran 7 mm saja. SSD OCZ ini dibalut lewat chasiss dari material aluminiu, dengan begitu SSD ini tampak begitu solid serta eksklusif. Jika dilihat sekilas, SSD OCZ Vector 1509 hampir sama seperti seri Vector sebelumnya. Perbedaannya hanya terdapat dalam tulisan Vector 150 saja. SSD Premium besutan OCZ sendiri tersedia ke dalam 3 varian kapasitas penyimpanan, yakni 120 GB, 240 GB, dan 480 GB. Pada paket pembelian SSD ini disertakan pula hard drive cloning software dan desktop adapter. Sehingga mempermudah pengguna untuk menggunakan SSD OCZ ini.

Performa Lebih Cepat dan Efisien

Keunggulan SSD Vector 150 dari OCZ disematkan teknologi dari chip flash 19 nm. Melalui teknologi tersebut, produk SSD ini diklaim memiliki performa yang lebih cepat serta lebih irit energy. Demi meraih performa tinggi, SSD OCZ memadukan sistem controller Indilink Barefoot 3 dengan Vector 150 ini. Melirik performa SSD Vector 159 ini memang tak perlu diragukan kembali. Vector 150 digadang-gadang memiliki performa yang cukup handal. Dimana hal tersebut telah dibuktikan lewat kemampuan dari 4K random read speed dengan pencapaian 100.000 in/out tiap detiknya. Tak hanya itu, SSD Vector 150 juga mampu membaca data sampai 550mb/s. Sementara untuk kecepatan write-nya sendiri sekitar 530 mb/s.

Meskipun OCZ menyematkan controller yang serupa dengan generasi terdahulunya, SSD Vector 150 telah menunjang AES 256 hardware encryption. Hal ini pastinya sudah menjadi fitur memadai untuk pelaku bisnis khussusnya. Dalam pemakaian standar, perbedaan tersebut mungkin tak akan terlihat sebab kebanyakan PC rumahan tak dilengkapi oleh sokongan hardware encryption. Pihak OCZ sendiri mengatakan bahwa Vector 150 ini bisa beroperasi hingga 50 GB tiap harinya. Dalam hal ini artinya bila Anda menulis hingga 50 GB tiap hari lewat drive, maka SSD bisa bertahan setidaknya sampai 5 tahun. Lewat kemampuannya tersebut tentunya lebih baik dibandingkan rating 20 GB yang terdapat dalam Vector sebelumnya.

Kesimpulan Tentang SSD OCZ Vector 150

Dapat ditarik kesimpulan bahwa SSD OCZ vector 150 adalah jajaran SSD untuk kelas premium yang memberikan performa tinggi lewat pilihan kapasitas bervariasi. Selain itu, SSD tersebut mampu menawarkan tingkat kemampuan write mencapai 50 GB tiap hari. Uniknya pihak OCZ pun turut melengkapi produk teranyarnya ini dengan jaminan masa garansi sampai 5 tahun. Meskipun spesifikasi yang ditawarkannya hampir sama seperti vector sebelumnya, tapi SSD ini mampu menawarkan performa lebih baik dibandingkan Vector sebelumnya.

In this article

Join the Conversation


Lewat ke baris perkakas