Tren Harga SSD Cenderung Naik Akibat Tingginya Permintaan Yang Melampaui Suplai

Belakangan ini tren harga SSD justru cenderung naik setelah mengalami tahun demi tahun yang harganya cenderung menurun. Salah satu penyebab utamanya adalah produsen smartphone yang menyedot suplai chip...

303 0
303 0

Belakangan ini tren harga SSD justru cenderung naik setelah mengalami tahun demi tahun yang harganya cenderung menurun. Salah satu penyebab utamanya adalah produsen smartphone yang menyedot suplai chip memori NAND flash. Faktor lainnya adalah transisi teknologi produksi chip 2D ke 3D NAND flash menambah masalah pada output suplai chip tersebut. Sebagaimana hukum ekonomi bahwa harga akan meningkat jika suplai tidak mampu memenuhi permintaan.

Laporan terakhir dari pengamat pasar DRAMeXchange (via HotHardware) mencatat bahwa industri NAND flash di level global meningkat hampir 20% pada kuartal ketiga dibandingkan kuartal sebelumnya.

Direktur riset DRAMeXchange, Sean Yang, menyatakan bahwa harga berbagai produk NAND Flash akan cenderung meningkat dimana hal tersebut akan berdampak meningkatnya nilai pasar SSD hingga mencapai rekor nilai tertinggi baru.

Hal tersebut memang bagus bagi para pemasok memori NAND Flash, namun tidak bagus bagi konsumen. Pada kuartal ketiga ini chip NAND jenis MLC dan TLC akan meningkat hingga 10%, dan akan tetap terus meningkat hingga waktu yang belum bisa diprediksi.

Kabar baiknya, Toshiba membuka pabrik Fab 2-nya di Jepang yang baru diupgrade untuk memproduksi chip memori 3D NAND Flash dengan kapasitas produksi 40 ribu wafer sebulan dan akan meningkat lebih banyak lagi pada 2017. Toshiba juga berencana membangun pabrik baru Fab 6 pada Februari tahun depan.

 

Western Digital juga meningkatkan output produksi NAND Flash-nya hingga 45% pada 2017. Intel juga akan membuka pabrik chip NAND Flash baru di RRC.

Dapatkan berbagai produk dan informasi mengenai SSD lokal terkini melalui distributor resmi brand SSD terkemuka di Indonesia.

In this article

Join the Conversation


Lewat ke baris perkakas