Tips Membackup Dan Mengembalikan Catatan Sticky Notes Windows

Bagi para pengguna setia aplikasi Windows Sticky Notes, anda bisa membackup catatan dan bahkan memindahkannya pada PC lain. Sticky Notes sudah menjadi aplikasi desktop semenjak Windows 7 hingga...

1167 0
1167 0

Bagi para pengguna setia aplikasi Windows Sticky Notes, anda bisa membackup catatan dan bahkan memindahkannya pada PC lain.

Sticky Notes sudah menjadi aplikasi desktop semenjak Windows 7 hingga saat ini Windows 10. Namun hingga versi terbaru saat ini pun masih belum mendukung fitur sinkronisasi antara komputer, sehingga membutuhkan langkah-langkah backup secara manual. Pada Windows 7, 8 dan 10 sebelum versi Anniversary Update, aplikasi Sticky Notes masih berupa desktop app yang terintegrasi pada sistem operasi Windows. Sedangkan mulai Windows 10 Anniversary Update, aplikasi tersebut sudah berupa Store app terpisah yang bisa diuninstall maupun didownload dari Windows Store.

Tampilkan File Tersembunyi

Sticky Notes menyimpan segala konten file catatan pada sebuah folder hidden di dalam direktori Users, sehingga perlu menyetel supaya folder hidden bisa terlihat. Pada Windows 8 dan 10, buka File Explorer, klik tab View, beri tanda centang pada Hidden items di bagian Show/hide.

Sedangkan untuk Windows 7, klik Tools > Folder Options, klik tab View lalu pilih “Show hidden files, folders, and drives“.

Backup File Sticky Notes Pada Windows 10 Anniversary Update

Anda sudah siap untuk mencari lokasi file Sticky Notes. Bagi anda pengguna Windows 10 versi Anniversary Update (build 1607 dst), anda bisa menemukannya pada lokasi folder berikut. Anda bisa copy/paste pada adress bar atau gunakan browsing manual.

C:\Users\username\AppData\Local\Packages\Microsoft.MicrosoftStickyNotes_8wekyb3d8bbwe\

Dimana username adalah nama akun user Windows anda.

Copas seluruh isi folder Sticky Notes tersebut dan letakkan pada folder backup yang sudah anda siapkan. Lakukan secara berkala jika diperlukan untuk berjaga-jaga jika anda menginstal ulang Windows pada PC anda atau berganti komputer.

Jika ingin merestore atau meletakkan file backup ke Sticky Notes pada komputer lain atau mengintal ulang PC. Cari lokasi aplikasi Sticky Notes tersebut sebagaimana yang sudah tercantum di atas, lalu paste file Sticky Notes backup-an yang sudah anda buat. Pastikan anda tutup terlebih dahulu aplikasi Sticky Notes sebelum melakukan prosedur restore tersebut.

Backup File Sticky Notes Pada Windows 7, 8, dan 10 sebelum Versi Anniversary Update

Bagi pengguna sistem operasi Windows 7, Windows 8, dan Windows 10 sebelum versi Anniversary Update yang aplikasi Sticky Notes-nya masih berupa desktop app, seluruh proses backup dan restore-nya juga sama saja, namun yang membedakan hanyalah lokasi folder Sticky Notes tersimpan.

C:\Users\username\AppData\Roaming\Microsoft\Sticky Notes\

Pada versi Windows ini, yang ada hanyalah sebuah file StickyNotes.snt. Copas file tersebut pada lokasi backup yang anda siapkan atau anda pindahkan.

Satu hal penting yang patut diketahui adalah Sticky Notes versi desktop dan Store app tidak kompatibel. Anda tidak akan bisa mengcopas Sticky Notes dari PC Windows 8 ke Windows 10 Anniversary Update. Selamat Mencoba…

 

 

In this article

Join the Conversation


Lewat ke baris perkakas