Tips Pintar Membeli SSD

Sebelumnya SSD menjadi media penyimpanan eksklusif namun beralih menjadi media penyimpanan untuk semua pengguna netbook atau PC. Harga dari SSD pun turun drastis karena perang harga yang terus...

118 0
118 0

Sebelumnya SSD menjadi media penyimpanan eksklusif namun beralih menjadi media penyimpanan untuk semua pengguna netbook atau PC. Harga dari SSD pun turun drastis karena perang harga yang terus terjadi pada produsen SSD. Hal ini terlihat dari harga per kapasitas yang sudah turun hingga $0.5 per gigabyte yang dijual oleh OCZ. Tak heran jika SSD menjadi penyimpanan yang paling dicari dibandingkan dengan hard disk magnetis. Di bawah ini ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli SSD.

Kecepatan Baca atau Tulis

Samsung 960 evo
Samsung 960 EVO

Konsumsi daya rendah, access time, dan kecepatan read atau write adalah poin plus untuk sebuah SSD. Jika anda menggunakan PC lama dan ingin berganti dengan SSD, maka anda harus mempunyai adapter bracket 3.5 inci karena SSD 2.5 inci adalah ukuran yang pas untuk sebuah laptop.

Interface

SSD form factor
SSD form factor

Poin lain yang harus dipertimbangkan sebelum membeli SSD adalah interface. Sama dengan USB Flash Drive, SSD dapat bekerja secara optimal saat dipasangkan dengan bus interface yang sesuai. Contohnya adalah UFD USB 3.0 pasti tidak dapat bekerja secara efisien ketiak dipasang dengan port USB 1.0. Sebaiknya anda memilih SSD terbaru yang sudah didukung dengan interface SATA3 dan dapat bekerja optimal untuk motherboard yang menggunakan controller SATA3.

Umur pakai SSD

Sebelum memutuskan untuk menggunakan SSD, anda harus tahu bahwa umur pakai dari SSD memang terbatas. SSD mempunyai controller yang berfungsi untuk mendistribusikan data-data anda secara merata. Anda tidak boleh melakukan defragmented disk karena hal ini dapat mengganggu kinerja dari controller tersebut. Hal ini juga dapat memperpendek umur pakai dari sebuah SSD. Jika anda sering menggunakan software palsu, maka kerusakan tersebut juga dapat terjadi pada HD. Anda harus menggunakan tool khusus untuk memindahkan sistem operasi dari HD ke SSD. Anda bisa menggunakan Paragon Migrate OS to SSD atau O&O SSD Migration Kit untuk memindahkan sistem operasi anda. Biasanya produsen tersebut sudah menyediakan tool tersebut secara gratis di dalam produk SSD.

Keunggulan SSD dibandingkan HD Magnetik

SSD yang dijual di pasaran telah mempunyai kapasitas yang besar hingga 250 GB. Ini adalah harga yang cukup terjangkau dan menjadi alat yang sesuai untuk menyimpan semua perangkat lunak dan sistem operasi anda. Data-data yang tidak membutuhkan akses cepat dapat tersimpan di HD sehingga penyimpanan anda menjadi lebih ekonomis. Kecepatan baca dna tulis adalah faktor terpenting. Saat ini HD paling cepat dapat membaca data dengan ukuran 4.2 GB dengan waktu 15 detik sedangkan SSD tercepat dapat membaca data tersebut dalam waktu 14 detik saja. Kecepatan tulis HD adalah 25 detik dan lebih lambat dibandingkan dengan SSD yang memerlukan waktu 14 detik saja. Salah satu SSD yang menawarkan kecepatan baca dan tulis lebih tinggi dibandingkan dengan HD adalah OCZ Vector VTR1-25SAT3-256G (514/499).

OCZ Vector 150 tabel specs

Konsumsi Daya

SSD hanya memerlukan konsumsi daya yang sangat kecil saat dibandingkan dengan HD. SSD tidak dilengkapi dengan motor atau komponen mekanis lainnya yang pasti akan menyerap listrik dalam jumlah besar. Anda bisa membandingkan antara WD VelociRaptor dan SSD Corsair Neutron Series. HD tersebut adalah komponen ramah lingkungan yang hanya mengonsumsi listrik sebesar 4.6 watt sedangkan SSD tersebut adalah SSD yang tergolong boros namun hanya mengonsumsi listrik sebesar 2 watt.

In this article

Join the Conversation


Lewat ke baris perkakas