Tips Memilih PSU Gaming Terbaik Keluaran Seasonic

Aktivitas gaming di PC membutuhkan supply power (PSU) yang stabil dan besar. Seasonic telah merilis beberapa seri terbaik dari PSU yang sangat cocok untuk kebutuhan gaming atau beragam...

187 0
187 0

Aktivitas gaming di PC membutuhkan supply power (PSU) yang stabil dan besar. Seasonic telah merilis beberapa seri terbaik dari PSU yang sangat cocok untuk kebutuhan gaming atau beragam aktivitas berat dengan PC. Yang sudah resmi dirilis dan didistribusikan di Indonesia adalah PRIME Titanium 850, 750, dan 650. Tiga pilihan utama itu sangat cocok bagi penggemar PC Gaming dengan daya tahan optimal. Bagi yang masih bingung hendak memilih cocoknya yang mana, beberapa tips jitu berikut ini semoga bisa membantu.

Lazim bahwa persoalan memilih PSU kerap terabaikan. Saat hendak melakukan perakitan komputer khusus bagi gaming atau desain grafis, yang biasanya menonjol adalah pemilihan prosesor, VGA, RAM, atau hardisk. Padahal peran sebuah PSU dalam komputer, apalagi untuk penggunaan yang sangat berat, tidak bisa disepelekan. Dari PSU itulah aliran daya disalurkan ke seluruh komponen secara stabil sehingga masing-masing bisa memproses fungsinya.

Kebutuhan Jumlah Daya PC

Benar-benar penting sekali persoalan jumlah daya PC yang dibutuhkan. Perkirakan dulu seberapa besar daya yang menjadi kebutuhan untuk keseluruhan proses CPU. Jika mau merakit sebuah CPU, coba hitung dari kisaran penggunaan setiap komponen. PSU keluaran Seasonic sudah menyediakan pilihan-pilihan berdaya tinggi. Misalnya untuk yang 750, ada pembagian antara DC output dan max output.

( sumber : anandtech )

Sebenarnya taksiran rata-rata pemakaian PC Gaming itu antara 450 W hingga 600 W. Namun tentu akan jauh lebih nyaman kalau kita bisa memasang sumber daya yang lebih tinggi, bukan? Maka dari itu, Seasonic sudah merilis PSU Prime Titanium dengan tiga pilihan daya tersebut.

Jangan Spekulatif

Maksudnya adalah hanya karena alasan harga yang sangat murah, seseorang bisa saja membeli PSU dari merek yang tidak jelas. Bahkan kalau sumber daya yang dicantumkan itu ditulis dengan angka tinggi, belum tentu sesuai kenyataan. Yang jelas-jelas saja dalam memilih PSU seperti yang sudah langsung dibuktikan dan diakui oleh kebanyakan gamer. Seri keluaran Seasonic telah terbukti sebagai pilihan yang pas untuk sumber daya PC Gaming.

Efisiensi di Atas 80 Persen

Hal ini akan sangat membantu dalam mengendalikan pemakaian daya listrik dan mencegah pembengkakan tagihan. Keluaran Seasonic PRIME Titanium dikenal memiliki tingkat efisiensi yang sangat tinggi. Contohnya pada pilihan 750 W, tingkat efisiensinya bisa mencapai 95,7 persen. Terjamin secara kualitas dan tidak akan merepotkan pengguna layanan listrik karena bisa membantu jadi lebih hemat. Dipastikan bahwa PSU yang punya kemampuan efisiensi tersebut sudah lolos sertifikasi. Merek seperti Seasoni telah mendapatkan kepercayaan dan lisensi resmi perihal kualitas dan pembuktiannya.

Spesifikasi Tangguh

Operasional PC Gaming cenderung di atas rata-rata dari PC standar atau rakitan biasa. Alhasil, pemilihan komponenannya pun tak bisa sembarangan seperti pada saat akan menggunakan PSU. Seasoni PRIME Titanium terbukti lebih unggul dengan spesifikasi umum meliputi Gold-Plated High Current Terminals, Multi-GPU Supported, Fully Modular Cabling Design, Extended Hold-up Time, Super lower Ripple Noise, Hybrid Fan Control, 135 mm Fluid Dynamic Bearing Fan, dan Micro

( sumber : anandtech )

Tolerance Load Regulation.

Nah, jadi tak akan bingung lagi mencari PSU Gaming apalagi yang dari keluaran Seasonic. Sesuaikan saja pada daya yang sekiranya dibutuhkan untuk proses CPU. Paling bagus mungkin dengan sumber daya yang tertinggi. Biasanya untuk mengantisipasi penambahan atau upgrade sejumlah komponen yang cenderung menjadi kebiasaan para pengguna PC Gaming.

In this article

Join the Conversation


Lewat ke baris perkakas