Baca Terlebih Dahulu Sebelum Memilih Hard Disk Eksternal

Kapasitas memori adalah salah satu spesifikasi penting yang jadi perhatian dan pertimbangan utama ketika akan membeli laptop atau komputer baru. Kapasitas memori tentu haruslah cukup untuk mengakomodasi data-data...

94 0
94 0

Kapasitas memori adalah salah satu spesifikasi penting yang jadi perhatian dan pertimbangan utama ketika akan membeli laptop atau komputer baru. Kapasitas memori tentu haruslah cukup untuk mengakomodasi data-data yang akan disimpan di dalam gadget plus memastikan bahwa aplikasi dan program yang dijalankan bisa berjalan dengan mulus. Namun ada kalanya kapasitas memori bawaan yang terdapat pada komputer atau laptop terasa kurang apalagi Anda yang punya banyak data untuk disimpan misalnya film, lagu, video-video, ataupun data-data lainnya yang penting. Oleh karena itu harddisk external adalah produk hardware yang tidak pernah sepi pembeli di mana pengguna bisa melakukan back up data ke device yang punya kapasitas memori lebih besar, bisa dibawa ke mana saja, dan mudah untuk diakses selama punya interface yang kompatibel. Sebelum beli harddisk external untuk kebutuhan back up data Anda, berikut adalah hal-hal yang bisa diperhatikan.

1. Hardware wajib untuk pengguna komputer

HDD external adalah penyelamat Anda ketika ada masalah pada hard drive di komputer atau laptop Anda, setidaknya jika sebelumnya semua data penting yang ada di dalamnya sudah di-back up ke  HDD. Apalagi saat ini ada malware yang sangat mengkhawatirkan yang bisa menahan data pada komputer sehingga pemiliknya tidak bisa mengakses data tersebut kecuali membayar sejumlah uang. Jika sebelumnya Anda sudah back up data ke HDD tentu hal ini tidak jadi masalah yang krusial.

2. Macam-macam external hard drive

Anda mungkin lebih familiar dengan produk HDD karena memang tipe external hard drive ini yang lebih banyak digunakan orang. Yang satu lagi adalah SSD atau Solid-State Drive yang memang memberikan kecepatan transfer jauh lebih cepat tapi harganya juga bisa berkali-kali lipat dibandingkan dengan HDD. SSD juga menawarkan ketahanan yang lebih baik, namun jika Anda ingin HDD Anda lebih awet terutama dari resiko-resiko eksternal, pilih HDD dengan model casing yang dilengkapi perlindungan eksterior ekstra yang lebih terjamin. Hindari memperlakukan HDD secara kasar dan meletakkannya sembarangan sehingga membuatnya tertekan dengan benda lain, mudah terjatuh, mudah tersenggol saat sedang melakukan transfer data, dan sebagainya.

3. Kapasitas sesuai dengan kebutuhan

Melihat harga HDD external 1TB yang lebih murah dibandingkan beli 2 buah HDD dengan kapasitas 500 GB mungkin jadi pertimbangan yang menentukan Anda memilih yang 1 TB ketimbang 500 GB. Bila Anda hanya butuh untuk back up data yang sebagian besar adalah file-file dari program office atau foto, jarang mengunduh lagu, video, maupun film, 1 TB terlalu besar untuk Anda dalam jangka waktu yang cukup lama, selisih uang beberapa ratus ribu pun terbuang dengan tercuma. Tapi apabila Anda adalah penikmat hiburan digital yang mendengarkan banyak musik digital, menyimpan banyak film dengan kualitas HD, menyimpan data game, dan data berkapasitas besar lainnya, 1 TB bisa jadi kurang untuk Anda.

4. Dapatkan di toko yang terpercaya

Sayangnya, banyak penjual yang menawarkan produk HDD external dari brand tidak jelas dengan iming-iming harga yang lebih murah padahal ternyata barang kualitas rendah. Hasilnya, kualitas yang Anda dapat tidak sesuai dengan spesifikasinya, transfer data sangat lama, dan durabilitasnya rendah. Oleh karena itu sebaiknya beli di dealer hardware komputer yang sudah terpercaya untuk menjamin kualitas dan juga garansi dari HDD external yang Anda beli.

In this article

Join the Conversation


Lewat ke baris perkakas