Tips Menghemat Data Kuota Ketika Berinternet Menggunakan PC Windows 10

Windows 10 mengkonsumsi koneksi data internet pada background sistem operasi dalam jumlah besar, bisa berupa apps maupun update otomatis. Hal ini menjadi masalah yang besar jika kita menggunakan...

324 0
324 0

Windows 10 mengkonsumsi koneksi data internet pada background sistem operasi dalam jumlah besar, bisa berupa apps maupun update otomatis. Hal ini menjadi masalah yang besar jika kita menggunakan koneksi internet berkuota semisal modem internet 3G/4G, wifi berbayar, atau tethering pada smartphone. Atau tidak ingin secara otomatis windows mengupdatenya dengan file-file update yang kadang berukuran sangat besar sehingga mengganggu kecepatan koneksi internet kita.
Walau sebenarnya sangat direkomendasikan untuk mendownload update secara otomatis dan berkala, namun sebagian pengguna ingin mengontrol waktu dan lokasi dimana mereka mengupdate sistem windowsnya. Microsoft sudah mengantisipasi hal tersebut pada Windows 10 dengan menyediakan pengaturan untuk koneksi internet meteran (metered connection).

Sebagaimana yang diterangkan oleh Microsoft:

If you have a limited data plan and want more control over data usage, make this connection a metered network. Some apps might work differently to reduce data usage when you’re connected to this network.

Jika anda menggunakan koneksi data internet yang terbatas dan ingin mengontrol penggunaan data internet, maka aktifkan koneksi internet anda menjadi metered network. Sebagian aplikasi bisa jadi memiliki sistem kinerja yang berbeda untuk mengurangi penggunakan koneksi data ketika anda terkoneksi pada jaringan internet ini.

Pada dasarnya pengaturan tersebut akan menghentikan Windows mengupdate sistemnya secara otomatis yang kadangkala berukuran hingga ratusan MB bahkan ada yang berukuran GB dan juga meminimalisir berbagai koneksi internet pada background aplikasi.

Jika komputer anda sudah menggunakan Windows 10 terbaru versi Anniversary Update (1607) maka langkah mengaktifkannya cukup mudah:

  1. Koneksikan pada Internet, untuk kasus ini menggunakan wifi.
  2. Buka menu Network pada taskbar.
  3. Klik ‘Properties’ di bawah nama jaringan koneksi. Maka anda akan masuk menu settings.
  4. Klik tombol ‘Set as metered connection’ dari Off menjadi On.
  5. Langkah ini juga bisa digunakan pada koneksi modem internet broadband 3G/4G.

Setelan metered network tersebut hanya berlaku pada jaringan spesifik yang anda set. Jika anda ingin menyetelnya juga pada jaringan lain, maka ikuti langkah berikut:

  1. Masuk Settings pada Start Menu.
  2. Klik menu ‘Network & Internet’.
  3. Klik menu Wi-Fi pada sidebar kiri, jika menggunakan koneksi wifi. Lalu klik ‘Manage known networks’.
  4. Klik pilihan jaringan koneksi wifi yang hendak anda setting lalu klik Properties dan ikuti langkah sebagaimana yang telah dijelaskan.
  5. Langkah ini juga bisa diaplikasikan pada koneksi modem mobile broadband 3G/4G.

Jika WIndows 10 anda masih belum diupdate ke versi Anniversary Update maka prosesnya akan sedikit lebih panjang, sebagai berikut:

  1. Koneksikan pada Internet, untuk kasus ini menggunakan wifi.
  2. Masuk Settings pada Start Menu
  3. Klik menu ‘Network & Internet’
  4. Klik menu WI-Fi
  5. Setelah muncul menu daftar jaringan wifi, scroll ke bawah dan klik ‘Advanced Options’
  6. Lalu klik tombol ‘Set as metered connection’ dari Off menjadi On.

Tips sederhana ini sangat berguna ketika anda sering berinternet via komputer namun menggunakan koneksi internet berkuota semisal modem broadband USB atau tethering menggunakan koneksi smartphone.

In this article

Join the Conversation


Lewat ke baris perkakas