Ada Apa Di Balik Kabel Konverter Audio Iphone 7?

Apple iPhone 7 yang sudah dirilis bulan kemarin cukup membuat sensasi dan kontroversi karena menghilangkan fitur port 3,5mm audio jack yang sudah eksis pada berbagai produk smartphone selama...

450 0
450 0

Apple iPhone 7 yang sudah dirilis bulan kemarin cukup membuat sensasi dan kontroversi karena menghilangkan fitur port 3,5mm audio jack yang sudah eksis pada berbagai produk smartphone selama hampir 1 dekade namun Apple nekat melakukannya karena mereka memiliki alasan tersendiri. Sebagai penggantinya Apple memanfaatkan port Lightning sebagai port audio dan memberikan kabel konverter 3,5mm to Lightning bagi pengguna iPhone 7. Port Ligtning sendiri sebenarnya adalah port data digital sedangkan 3,5mm audio jack adalah port sinyal analog. Di sini berarti ada mekanisme konversi antara analog dan digital berupa ADC (analog to digital) atau DAC (digital to analog).

Tim dari iFixit dibantu dengan Creative Electron mencoba menguak rahasia Apple dibalik konversi antara analog dan digital pada konverter port audio pada Iphone 7. Creative Electron menyuplai data berupa gambar sinar-X dari kabel konverter port audio iPhone 7. Pada casing plastik pembungkus jack/colokan lightning tersembunyi sebuah chip IC yang tidak lain dan tidak bukan adalah DAC (Digital to Analog Converter).

Seorang kontributor forum iFixit bernama oldturkey03 mencoba membongkar konverter port audio dari iPhone 7 miliknya. Pada bagian dalamnya ditemukan sebuah chip custom IC Apple/Cirrus Logic IC berlabel 338S00105 dan tidak banyak informasi lain di dalamnya.

Menurut iFixit, fungsi dan fitur sebenarnya dari IC tersebut sebenarnya masih belum diketahui dengan jelas dan detail. Namun dugaan sangat kuat mengarah pada DAC (Digital to Analog Converter) dan micro-amplifier. Hal ini sangat wajar karena Port Ligtning sendiri sebenarnya adalah port data digital sedangkan 3,5mm audio jack adalah port sinyal analog. Berarti ada sirkuit elektronik dalam chip tersebut yang melakukan mekanisme konversi antara analog dan digital berupa ADC (analog to digital) atau DAC (digital to analog).

Sistem konversi tersebut sudah ada yang menguji dan terlihat kinerjanya cukup baik namun sedikit kurang dibanding 3,5mm terintegrasi pada iPhone 6. Untungnya kekurangan ini sangat sedikit hingga ini tidak terasa bagi sebagian besar pengguna.

In this article

Join the Conversation


Lewat ke baris perkakas