Surface Book i7, Keluarga Baru MICROSOFT Surface Book Dengan GPU 2x Lebih Powerful

Pada event Microsoft Surface kemarin, selain memperkenalkan PC desktop AIO Surface Studio raksasa software yang perlahan merambah ke ranah hardware tersebut juga memperkenalkan varian baru dari keluarga notebook...

332 1
332 1

Pada event Microsoft Surface kemarin, selain memperkenalkan PC desktop AIO Surface Studio raksasa software yang perlahan merambah ke ranah hardware tersebut juga memperkenalkan varian baru dari keluarga notebook hybridnya Surface Book i7.

Microsoft membenamkan prosesor Intel Core i7 generasi ke-6 Skylake yang tidak dijelaskan secara detail tipe CPU tersebut. Namun yang jelas dari tipe low power karena faktor keterbatasan dimensi dan konsumsi daya notebook kompak tersebut. Surface Book i7 dilengkapi oleh prosesor grafik NVIDIA GTX 965M yang dipasangkan dengan memori 2GB GDDR5, menurut laporan dari Tom’s Hardware. Hal ini sangat wajar mengingat Microsoft mengklaim bahwa varian Surface Book i7 terbaru ini memiliki performa grafik 2x lipat dibanding versi sebelumnya yang masih menggunakan NVIDIA 940M.

Untuk menjaga jeroan Surface Book i7 tetap dingin dengan GPU baru tersebut Microsoft mendesain ulang segmen keyboard Surface Book generasi awal dan menambahkan kipas pendingin tambahan untuk meningkatkan kemampuan pendinginan. Microsoft juga menambahkan kapasitas baterai pada Surface Book i7 yang diklaim mampu menghidupi notebook tersebut selama 16 jam memutar video. Dampaknya, pada bagian keyboard Surface Book i7 lebih tebal dibanding versi i5 sehingga celah di area engsel ketika ditutup semakin menyempit dan bobotnya bertambah sedikit.

Sebagai perbandingan, Microsoft Surface Book versi Core i5 saat ini masih terbatas pada prosesor grafik terintegrasi Intel HD graphics dan memiliki kapasitas baterai hanya untuk 12 jam pemakaian. Namun versi core i5 Surface Book memiliki bobot 131 gram lebih ringan dibanding versi i7 terbaru.

Satu hal yang tidak berubah diantara seluruh versi Surface Book adalah layar berupa tablet berukuran 13,5″ yang bisa dilepas dari unit keyboard-nya, yang pada versi baru ini juga masih beresolusi 3000×2000 pixel. Pilihan kapasitas penyimpanan berupa SSD masih tidak berubah, namun Microsoft menambahkan varian yang lebih murah lagi pada versi Core i5 dengan kapasitas SSD 128 GB yang tidak terdapat pada versi core i7.

Microsoft membanderol Surface Book i7 pada harga mulai dari 2399 USD dan saat ini pada tahap pre-order yang akan tersedia pada pertengahan November.

In this article

Join the Conversation

1 comment

  1. Windows 10 Creators Update, Versi Update Windows 10 Dengan Fitur Baru Yang Revolusioner - Informasi Hardware, Gadget , TIps dan Trik Balas

    […] 10 pada Microsoft Surface event kemarin, tidak hanya pengumuman hardware Surface Studio dan Surface Book i7 saja. Raksasa software tersebut menyebutnya dengan Windows 10 Creators Update dan akan tersedia […]


Lewat ke baris perkakas