SSD Toshiba Q300 Pro 128 GB Hadir Dengan Teknologi NAND MLC

Persaingan produk SSD (Solid State Drive) sekarang ini memang sedang berkembang pesat di pasaran, kebanyakan tiap produsen SSD menghadirkan produk ini dengan menyematkan teknologi NAND TLC (Triple Level...

223 0
223 0

Persaingan produk SSD (Solid State Drive) sekarang ini memang sedang berkembang pesat di pasaran, kebanyakan tiap produsen SSD menghadirkan produk ini dengan menyematkan teknologi NAND TLC (Triple Level Cell). Berbeda dengan vendor kenamaan Toshiba yang ingin memberikan sesuatu yang baru lewat produk SSD teranyarnya ini. Walaupun Toshiba juga telah menghadirkan koleksi SSD yang berbasis TLC, seperti Toshiba Q300, tapi kali ini Toshiba juga memperkenalkan SSD Toshiba seri lainnya yakni Q300 Pro.


SSD Toshiba Q300 Pro tampaknya didesain khusus bagi kalangan profesional tertentu, yang memerlukan media penyimpanan yang berkualitas tinggi pada perangkat PC mereka. Lewat SSD Toshiba seri Q300 Pro, produsen elektronik asal Jepang ini menawarkan SSD yang berbasiskan teknologi NAND MLC (multi level-cell) yang dibuat Toshiba melalui fabrikasi A19nm. Dengan kata lain, pemakaian memori Toshiba ini diklaim tak hanya menawarkan akses kecepatanya saja, melainkan juga menawarkan ketahanan tinggi.

Melalui jalur SATA III 6 Gbps, pihak Toshiba yang pasalnya dikenal sebagai pihak pengembang dan penyedia flash NAND, sudah melengkapi SSD QD300 Pro tersebut melalui kontroler yang mereka miliki, yaitu Toshiba TC358790. Karena perpaduan antara flash NAND dan kontroler besutannya itulah, SSD tersebut diklaim bisa memberikan kecepatan berbasis sequential Read and Write, sampai 550 MB/s serta 510 MB/s.


Jika dilihat dari kemasannya, SSD Q300 Pro Toshiba ini mempunyai kemasan yang masih sama seperti seri Q300. Akan tetapi pada produk SSD Q300 Pro, pabrikan asal Jepang ini turut menyertakan warna emas dalam kemasannya sebagai pembeda kedua produk SSD tersebut. Mengenai kelengkapan penjualannya sendiri, Toshiba telah menyematkan berbagai kelengkapan, seperti 3 buah buku terdiri dari instruksi manual, panduan pemasangan dan kenyamanan pemakaian beserta informasi garansi Q300 Pro. Toshiba pun turut melengkapi spacer 2,5 mm untuk mempermudah pemasangan SSD dalam dimensi berukuran 9mm.

SSD Q300 Pro tetap hadir dengan memakai material aluminium yang disematkan pada Toshiba Q300. Hanya saja, bahan aluminium yang disematkannya tampak sedikit berbeda dengan bobot yang lebih berat dan terlihat sangat solid. Produk SSD Toshiba ini telah tersedia lewat berbagai pilihan kapasitas, yakni 128GB/256GB/512GB/1TB. Tak hanya menawarkan performa cukup tinggi, tetapi SSD ini juga menawarkan bergaam fitur essensial. Ada beberapa fitur telah tersemat di dalamnya, seperti Read only mode, Native Command Queuing, Garbage collection, MTBF sampai 1,5 juta jam, Error Correction Core (ECC), SMART dan Thermal Control.

Dari sisi ketahanan TBW (Terabyte Writen), SSD Q300 Pro mempunyai ketahanan TBW bervariasi. Dengan kapasitas yang semakin besar, maka tingkat ketahanan TBW-nya pun semakin besar. Pada Toshiba Q300 Pro 128GB diklaim mempunyai ketahanan sampai 80TBW. Sokongan software tool berupa Toshiba Storage Utilities juga turut melengkapi keunggulan produk SSD ini. Toshiba juga turut menyematkan software cloning yang didapuk dari NTI Echo 3.

Untuk mendapatkan kedua fitur tersebut, cukup dengan mendownloadnya secara gratis lewat laman resmi Toshiba.

Toshiba juga mengklaim salah satu dari koleksi SSD-nya ini menyediakan kecepatan sequential read and write tinggi hingga mencapai 550 MB/s serta 510 MB/s. Melalui hasil pengujian CrystalDisk Mark, diperoleh hasil hasil pengujian cukup mengesankan, yakni 483 pada proses write dan 520 MB/s pada proses read. Sehingga dapat disimbulkan bahwa SSD Q300 Pro ini bisa memenuhi segala kebutuhan, terutama bagi kalangan pengguna yang ingin memaksimalkan performa serta menjadikan SSD Toshiba ini sebagai perangkat performance booster.

In this article

Join the Conversation


Lewat ke baris perkakas