SSD Baru dari Toshiba dengan Kapasitas yang Lebih Besar

Solid state drive (SSD) dengan kapasitas besar sudah banyak ditemukan di pasaran. Produsen-produsen media penyimpanan berlomba-lomba menciptakan SSD dengan berbagai inovasi terbaru. Toshiba adalah salah satu produsen yang...

114 0
114 0

Solid state drive (SSD) dengan kapasitas besar sudah banyak ditemukan di pasaran. Produsen-produsen media penyimpanan berlomba-lomba menciptakan SSD dengan berbagai inovasi terbaru. Toshiba adalah salah satu produsen yang mengikuti tren dengan menciptakan SSD THNSN1Q60CSE 1600TB. Karena kode produksi SSD ini susah dihafal dan dilafalkan, maka SSD ini lebih dikenal sebagai Toshiba 1,6TB SSD. SSD ini cocok bagi Anda yang sering menggunakan SSD untuk menyimpan data-data besar, yang merasa kapasitas 1TB sudah tidak lagi cukup untuk menyimpan data.

Sayangnya, harga SSD Toshiba 1,6TB ini jauh lebih mahal daripada drive kebanyakan. Batas rendah harga yang ditawarkan untuk SSD ini adalah sekitar $1100. Jika ditukar ke Rupiah, SSD ini hampir mencapai 15 juta rupiah. Bahkan ada yang menjual SSD ini hingga mencapai $1200. Bandingkan dengan drive lain seperti Western Digital Red 2TB yang sudah bisa didapat dengan harga $90 atau sekitar 1,2 juta Rupiah. Tentu saja perbedaan harga yang mencolok ini disebabkan SSD milik Toshiba memiliki kecepatan yang lebih tinggi daripada hard drive lainnya.

SSD Toshiba THNSN1Q60CSE 1,6TB merupakan hard drive SATA 3 6Gbs kompatibel yang kecepatan membacanya bisa mencapai 500MB/detik dan kecepatan menulisnya bisa mencapai hingga 480MB/detik. Dilihat dari kecepatannya, bisa dipastikan bahwa ini adalah SSD dengan kecepatan tinggi yang mampu mentransfer data jauh lebih singkat daripada hard drive kebanyakan. SSD Toshiba THNSN1Q60CSE 1,6TB ini hanya membutuhkan energi sebesar 4.5W untuk membaca dan menulis. Ini berarti SSD Toshiba ini akan menghemat biaya saat dipakai dalam keadaan menyala terus karena hanya sedikit mengkonsumsi energi. Konsumsi energi yang sedikit ini juga berarti SSD Toshiba THNSN1Q60CSE 1,6TB tidak mudah panas. Jika SSD ini diinstal ke dalam komputer, laptop, perangkat NAS atau perangkat data lainnya, Anda tidak perlu khawatir kipas atau pendingin perangkat bekerja terlalu berlebihan untuk mendinginkan drive.

Saat dilakukan pengukuran mean time between failure (MTBF), hasil yang dicapai oleh SSD Toshiba THNSN1Q60CSE 1,6TB ini adalah 2 juta jam, yang berarti drive ini sangat aman untuk mencapai data-data sensitif dikarenakan angka persentase kegagalan sangat kecil. Hasil MTBF yang besar juga berarti SSD Toshiba THNSN1Q60CSE 1,6TB cocok dipasang di perangkat NAS yang akan digunakan sebagai perangkat cadangan menyimpan data-data penting. SSD Toshiba THNSN1Q60CSE 1,6TB masih dalam bentuk standar SATA drive 2.5 inchi jadi bisa disematkan ke dalam perangkat apa saja.

Saat dilakukan pengujian benchmark dengan CrystalDiskMark ternyata kecepatan SSD ini bisa mencapai hingga 541MB/detik untuk kemampuan membacanya dan 523,1MB/detik untuk kemampuan menulisnya. Ada beberapa kompetitor SSD ini seperti SSD Crucial MX300 1,05TB yang kecepatannya mencapai 534MB/detik untuk kemampuan membaca dan 517,4MB/detik untuk kemampuan menulisnya. SSD Crucial MX300 1.05TB ini bisa dibeli dengan harga $249 atau sekitar 3.3 juta Rupiah. SSD Integral SVR Pro 100 SRI 8TB kecepatannya bisa mencapai 549MB/detik untuk kemampuan membaca dan 513,4MB/detik untuk kemampuan menulisnya tapi harganya tiga kali lipat dari harga yang ditawarkan Toshiba.

Jika dilihat dari harga, SSD Toshiba THNSN1Q60CSE 1,6TB memang sepertinya SSD ini hanya bisa dijangkau oleh para professional atau golongan kelas atas saja. Namun jika Anda membandingkan harga dengan kecepatan, keamanan, serta kapasitasnya, SSD Toshiba THNSN1Q60CSE 1,6TB bisa dijadikan sebagai pilihan utama Anda. Tapi jika Anda hanya membutuhkan SSD untuk multitasking game dan aplikasi, atau untuk mengupgrade OS, lebih disarankan untuk memilih SSD lain yang lebih terjangkau.

In this article

Join the Conversation


Lewat ke baris perkakas