SK Hynix Menyiapkan LPDDR4 8 GB DRAM Untuk Perangkat Mobile

SK Hynix secara diam-diam menambahkan produk LPDDR4 8 GB pada katalog keluarga produk mobile DRAM-nya. Produk paket DRAM LPDDR4 terbaru tersebut membuka peluang bagi produsen smartphone atau tablet...

225 0
225 0

SK Hynix secara diam-diam menambahkan produk LPDDR4 8 GB pada katalog keluarga produk mobile DRAM-nya. Produk paket DRAM LPDDR4 terbaru tersebut membuka peluang bagi produsen smartphone atau tablet untuk memasang RAM 8 GB dalam sebuah paket chip SoC, chip ini sendiri berbasis IC LPDDR4 16 Gb.

Paket chip memori LPDDR4 berkapasitas 8 GB (64 Gb) terdiri dari empat tumpuk IC 16 Gb LPDDR4 yang memiliki transfer data 3733 MT/s dengan bandwidth hingga 29,8 GB/s ketika terkoneksi dengan prosesor menggunakan bus memori 64-bit. Chip LPDDR4 ini bisa ditumpuk dengan metode PoP dengan chip prosesor SoC mobile atau chip SSD NAND UFS.

IC memori LPDDR4 16 Gb SK Hynix ini diproduksi menggunakan teknologi fabrikasi 21 nm. Sebagai perbandingan, Samsung sudah menggunakan kelas 10 nm pada produk 8 GB LPDDR4-nya. Proses yang lebih kecil tersebut membuat chip LPDDR4 Samsung memiliki kecepatan transfer data hingga 4266 MT/s yang lebih cepat 14% dibanding SK Hynix.

Memori LPDDR4-3733 8 GB dari SK Hynix tersebut menggunakan voltase standar LPDDR4 namun tidak diberikan lebih detail mengenai konsumsi dayanya. Namun karena proses fabrikasinya masih menggunakan 21 nm, maka IC LPDDR4 16 Gb kemungkinan besar memiliki konsumsi daya lebih besar dibanding versi sebelumnya yang berukuran 12 Gb. Tentu saja SK Hynix sudah menyempurnakan desain sirkuit IC LPDDR4 16 Gb untuk meningkatkan efisiensi daya yang memang sangat krusial pada segmen mobile.

Hingga saat ini SK Hynix masih belum mengumumkan secara resmi produk chip memori 8 GB LPDDR4-3733 tersebut, hal ini mengindikasikan bahwa perusahaan tersebut belum memasarkan produknya. Namun penambahan produk 8 GB LPDDR4 pada katalognya bisa dikatakan bahwa produk tersebut sedang dalam proses produksi masal dan diharapkan akan segera ditanamkan pada beberapa gadget yang akan rilis pada 2017.

Sumber

In this article

Join the Conversation


Lewat ke baris perkakas