SK Hynix Mulai Menyusul Samsung Menjadi Produsen Chip DRAM Kelas 10 nm

SK Hynix berencana akan mulai memproduksi masal chip DRAM kelas 10 nanometer tahun depan dan menjadi produsen chip DRAM kelas 10 nm kedua setelah Samsung. Saat ini baru...

292 0
292 0

SK Hynix berencana akan mulai memproduksi masal chip DRAM kelas 10 nanometer tahun depan dan menjadi produsen chip DRAM kelas 10 nm kedua setelah Samsung. Saat ini baru Samsung yang menjadi satu-satunya produsen chip DRAM kelas 10 nm. Setelah Samsung menyelesaikan pengembangan chip 1x DRAM 18 nm, maka mereka langsung melanjutkan pada pengembangan 1y DRAM 15/16 nm sekaligus merancang pengembangan 1z DRAM. Chip kelas 10 nm sendiri terbagi dalam 3 level, 1x yaitu 18 nm, lalu 1y 15/16 nm, dan terakhir yaitu 1z 10 nm.

Proyek pengembangan 1x DRAM oleh SK Hynix dinamakan Alius. Raksasa produsen chip memori sudah mulai memproduksi wafer prototip dan sedang dalam proses produksi sampel produk masal. Pengembangan chip DRAM 1x oleh SK Hynix sendiri bersamaan dengan pengembangan chip DRAM 1y oleh Samsung.

Selama ini para pengamat menilai bahwa selisih teknologi antara Samsung dan SK Hynix berjarak sekitar 18 bulan. Jika SK Hynix mulai memproduksi 1x DRAM pada triwulan kedua tahun depan, maka selisih teknologinya akan semakin kecil menjadi sekitar 15 bulan. Samsung sendiri sudah mulai memproduksi 1x DRAM pada awal tahun 2016 ini.

SK Hynix akan mampu memperpendek selisih teknologinya dengan Samsung lebih jauh lagi dengan mempercepat pengembangan chip DRAM 1y dan 1z. SK Hynix menamakan proyek pengembangan DRAM 1y dengan Davinci dan juga akan memulai proyek pengembangan chip DRAM 1z yang bernama Rigel.

Jika SK Hynix benar-benar mampu mempercepat pengembangan chip DRAM 10nm generasi 1y dan 1z, maka akan mampu memperpendek selisih teknologinya dengan Samsung dan semakin lebih maju dibanding Micron. Hingga saat ini sendiri Samsung merupakan produsen chip DRAM yang masih terdepan.

In this article

Join the Conversation


Lewat ke baris perkakas