Teknologi WiGig Mulai Disertifikasi oleh Wi-Fi Alliance

Wi-Fi Alliance pekan ini mulai melakukan sertifikasi produk perangkat nirkabel berteknologi 802.11ad (WiGig). Sertifikasi tersebut bertujuan memastikan semua perangkat berlabel WiGig yang sudah beredar mampu beroperasi dengan mudah...

334 0
334 0

Wi-Fi Alliance pekan ini mulai melakukan sertifikasi produk perangkat nirkabel berteknologi 802.11ad (WiGig). Sertifikasi tersebut bertujuan memastikan semua perangkat berlabel WiGig yang sudah beredar mampu beroperasi dengan mudah antara satu dengan yang lain dan memberikan performa yang diharapkan pada speksturm gelombang 60 GHz.

Teknologi WiGig (IEEE 802.11ad) adalah standar komunikasi jarak pendek yang memungkinkan perangkatnya mampu mentransfer data berkecepatan hingga 7-8 Gbps dengan latency minimal, menggunakan spektrum gelombanh 60 GHz pada jarak maksimal 10 meter. Sinyal 60 GHz tidak mampu menembus dinding, sehingga teknologi tersebut hanya mampu terkoneksi diantara perangkat dalam jangkauan pandangan. WiGig tidak akan mampu menggantikan Wi-Fi bahkan Bluetooth sekalipun, namun mampu mendukung perangkat seperti docking nirkabel, monitor nirkabel, media penyimpnana nirkabel, AR/VR nirkabel, dan perangkat-perangkat lainnya yang membutuhkan bandwith besar yang media transportasi datanya tidak mampu digantikan oleh Wi-Fi.

Hingga saat ini, Intel dan Qualcomm telah merilis beberapa chipset tri-band yang mendukung spektrum 2.4 GHz, 5 GHz dan 60 GHz yang mencakup teknologi Wi-Fi, Bluetooth, dan WiGig sekaligus.Wi-Fi Alliance telah mensertifikasi Intel’s Tri-Band Wireless 18260 (Maple Peak) dan Qualcomm QCA9500 802.11ad serta berbagai perangkat yang sudah mengadopsi chipset tersebut. Ke depannya akan semakin banyak variasi perangkat dan chipset WiGig yang akan disertifikasi.

Hingga saat ini masih belum banyak produsen chipset dan perangkat yang tertarik untuk mengadopsi teknologi WiGig. Dengan program sertifikasi ini diharapkan para produsen semakin banyak yang percaya diri untuk mengadopsi teknologi tersebut. Analis dari ABI Research memprediksi bahwa pada 2021 adopsi WiGig mencapai 1,5 Milyar unit perangkat.

Sumber Wi-Fi Alliance via Anandtech

In this article

Join the Conversation


Lewat ke baris perkakas