Segarkan Kembali Windows 10 Anda Dengan Refresh Windows Tool

Jika anda membeli PC desktop maupun laptop baru yang sudah termasuk Windows bawaan dari pabriknya, maka biasanya anda akan temukan berbagai software-software trial yang bisa dikatakan sampah atau...

378 0
378 0

Jika anda membeli PC desktop maupun laptop baru yang sudah termasuk Windows bawaan dari pabriknya, maka biasanya anda akan temukan berbagai software-software trial yang bisa dikatakan sampah atau junkware dimana software tersebut cenderung tidak berguna namun justru mengganggu. Tidak jarang software tersebut justru memperlambat kinerja komputer kita.

Mungkin anda bisa menggunakan metode uninstal setiap junkware untuk membersihkan PC anda, namun cara tersebut membutuhkan waktu dan kehati-hatian dalam memilahnya. Belum lagi masih terdapat sisa-sisa junkware tersebut pada registry atau sistem Windows yang tidak bisa bersih hanya dengan malakukan uninstal. Microsoft menawarkan software tool gratis yang bisa digunakan untuk mengembalikan kondisi Windows pada PC anda layaknya baru diinstal ulang.

Software tool Microsoft Refresh Windows akan memusnahkan seluruh aplikasi yang tidak termasuk dalam bawaan asli Windows 10 dari Microsoft dengan cara menginstal sistem operasi baru, namun tidak serumit instal ulang dari nol. Seluruh software, junkware bahkan virus atau malware yang berjalan akan hilang seluruhnya dengan proses tersebut. Sehingga anda harus menginstall kembali software-software penting yang biasa anda gunakan. Namun tidak perlu khawatir terkait dengan berbagai data dan file pribadi anda karena software tersebut memberi opsi tetap membiarkan file atau benar-benar menghapusnya.

Software tool gratisan ini bisa anda download langsung pada situs Microsoft sebagaimana tampilan pada gambar screenshot diatas. Lalu anda jalankan aplikasi tersebut sebagaimana instalasi software seperti biasa.

Lalu anda akan temukan pilihan apakah anda ingin menghapus seluruh aplikasi dan setting dan tetap membiarkan seluruh file atau menghapus seluruhnya. Jika anda ingin seluruh file anda tidak terhapus maka pilih opsi pertama “Keep personal files only”, anda bisa memilih opsi kedua jika ingin menghapus semuanya. Lalu klik tombol Start.

Kemudian anda akan menjalani proses download dan instalasi otomatis yang cukup lama, tergantung kecepatan jaringan internet di tempat anda. Karena file instalasi Windows 10 yang didownload berukuran sekitar 3GB.

Setelah melalui proses instalasi maka Windows akan memunculkan tampilan lock screen dan login screen Windows, sambil secara otomatis melakukan finalisasi proses setting Windows secara otomatis.

Selesai sudah proses refresh dan reinstal Windows 10, seluruh aplikasi yang ada hanya berupa bawaan asli dari Microsoft yang disertakan dalam Windows 10 dan samasekali tidak aplikasi apapun dari pihak ke-3. Anda bisa melakukan proses intalasi aplikasi yang anda butuhkan dan inginkan dari nol. Sangat disarankan bagi anda untuk menggunakan koneksi internet yang cepat dan stabil seperti wifi atau LAN dalam melakukan refreshing Windows ini. Jika menggunakan koneksi internet dari modem seluler maka anda harus siap dengan kuota internet yang cukup besar.

In this article

Join the Conversation


Lewat ke baris perkakas