Sebelum Membeli HDD, Ketahui 3 Perbedaan HDD Seagate 2.5 dan 3.5 Inci

Kebutuhan harddisk tidak dapat dihindari bersama dengan perkembangan di dunia komputer yang sangat pesat. Terlebih lagi bagi seorang pengguna komputer aktif, kebutuhan harddisk ini wajib dipenuhi. Tidak hanya...

43 0
43 0

Kebutuhan harddisk tidak dapat dihindari bersama dengan perkembangan di dunia komputer yang sangat pesat. Terlebih lagi bagi seorang pengguna komputer aktif, kebutuhan harddisk ini wajib dipenuhi. Tidak hanya dalam rangka meningkatkan performa komputer, namun harddisk juga dimaksudkan untuk backup data saat harddisk mengalami failure. Salah satu pilihan merek harddisk yang banyak dicari saat ini adalah Seagate.

Sebelum membelinya, Anda harus mengetahui lebih dulu perbedaan harddisk Seagate 2.5 inci dan 3.5 inci berikut ini:

Ukuran harddisk

Salah satu perbedaan mendasar dari harddisk Seagate 2.5 inci dan 3.5 inci terletak pada ukurannya. Keduanya memiliki ukuran yang berbeda sehingga penggunaannya juga tidak sama. Harddisk Seagate 3.5 inci biasanya memiliki ukuran lebar lebih besar yakni 4 inci. Panjang harddisk yang satu ini juga lebih besar dengan ukuran 5.8 inci. Ketebalannya 0.8 inci yang berarti ukuran harddisk yang satu ini lebih besar. Artinya harddisk Seagate dengan ukuran 3.5 inci ini hanya dipakai untuk Anda yang menggunakan komputer pribadi, bukan laptop.

Sementara untuk harddisk 2.5 inci memiliki ukuran lebar yang juga lebih besar yakni 2.8 inci. Sementara panjangnya berukuran 4 inci. Ketebalan harddisk 2.5 inci adalah 0.4 inci. Sekilas melihat bentuk fisiknya, harddisk 2.5 inci memiliki ukuran yang lebih kecil dari harddisk 3.5 inci. Karena itu penggunaan harddisk 2.5 inci tidak untuk komputer melainkan laptop. Hampir sebagian besar pengguna laptop atau notebook meningkatkan performa laptopnya dengan harddisk 2.5 inci yang lebih mudah dibawa ke mana-mana.

Konektor harddisk

Selain ukuran fisik dari harddisk, perbedaan antara harddisk 2.5 inci dan harddisk 3.5 inci terletak pada jenis konektor yang digunakan. Dulu sebelum teknologi berkembang pesat seperti sekarang, harddisk diproduksi dengan dilengkapi teknologi ATA. Penggunaan teknologi ATA ini menjadikan harddisk 2.5 inci dan 3.5 inci memiliki konektor yang berbeda. Jika pada harddisk 2.5 inci memiliki 40 pin pada bagian konektor, sementara pada harddisk 3.5 inci memiliki 44 pin pada bagian konektornya. Karena itu bisa dipastikan penggunaanya juga berbeda.

Namun harddisk Seagate 2.5 inci dan 3.5 inci telah diproduksi dengan teknologi terbaru. Mengikuti perkembangan teknologi yang ada, Seagate melakukan inovasi dengan memberikan teknologi SATA pada HDD yang diproduksinya. Dengan teknologi SATA ini memungkinkan konektor antara harddisk Seagate 2.5 inci dan 3.5 inci tidak berbeda. Dengan teknologi SATA ini juga harddisk Seagate memiliki performa yang lebih tinggi. Tidak hanya saat dipasang untuk laptop dan notebook, namun harddisk Seagate juga menghasilkan performa tinggi saat dipasang di komputer.

Penggunaan dan performa harddisk

Perbedaan antara harddisk 2.5 inci dan 3.5 inci juga dapat dilihat pada penggunaan hingga performa yang ditawarkan. Seperti yang telah diuraikan di atas, penggunaan harddisk 2.5 inci lebih sesuai untuk laptop atau notebook dan netbook. Meski begitu harddisk Seagate 2.5 inci ini juga dapat dipasang di komputer dengan menambahkan case khusus yang kompatibel dengan harddisk 2.5 inci. Sementara untuk harddisk Seagate 3.5 inci, lebih banyak dipasang untuk komputer dalam rangka meningkatkan performa hingga kapasitas ruang simpannya.

Sementara untuk performanya, harddisk Seagate 2.5 inci dan 3.5 inci dibuat dengan teknologi SATA terbaru yang membuat keduanya mampu menghasilkan performa tinggi. Keduanya juga mampu menyimpan data lebih cepat sehingga sangat tepat untuk penggunaan kelas berat seperti komputer atau laptop untuk keperluan desain grafis, komputasi tingkat tinggi hingga editing video yang cukup intens. Namun harddisk Seagate 2.5 inci ini dengan kecepatannya menyimpan data yang sangat tinggi diklaim akan menurunkan kebutuhan konsumsi listrik yang terpakai saat laptop digunakan.

In this article

Join the Conversation


Lewat ke baris perkakas