Seagate Merilis Hard Disk Tercepat Di Dunia Untuk Aplikasi Server Dan Datacenter

Seagate memperkenalkan generasi baru produk hard disknya dengan kecepatan putaran 15K (15.000 putaran per menit) dengan kapasitas hingga 900 GB. Hard disk tersebut menggunakan memori cache berupa NAND/SSD...

414 0
414 0

Seagate memperkenalkan generasi baru produk hard disknya dengan kecepatan putaran 15K (15.000 putaran per menit) dengan kapasitas hingga 900 GB. Hard disk tersebut menggunakan memori cache berupa NAND/SSD untuk meningkatkan waktu respon, yang biasa disebut dengan SSHD. Dengan tambahan fitur keamanan berteknologi SED (Self Encrypting Drive) dan SED-FIPS (Federal Information Processing Standard) tanpa biaya ekstra dan peningkatan kehandalan untuk kinerja 24 non-stop.

Sebagaimana menurut laporan dari Anandtech. Produk hard disk Seagate Enterprise Performance 15K v6 terbaru ini tersedia dalam 3 pilihan kapasitas, 300, 600, dan 900 GB. Sebagaimana generasi pendahulunya, produk tersebut masih berukuran 2,5″ dengan dengan tebal 15 mm yang menggunakan sebuah dual port SAS 12 Gbps sebagai konektornya. Hard disk kelas server ini memiliki varian pilihan dua tipe memori cache: Varian satu level memori DRAM 256 MB atau varian SSHD dengan dua level memori cache yaitu 256 MB DRAM plus 16 GB NAND SSD. Memori SSD digunakan untuk menyimpan data spesial yang digunakan pada intensitas tinggi untuk memaksimalkan kecepatan baca dan menekan waktu latency, fitur yang sama seperti produk FireCuda SSHD. Seagate mengurangi kapasitas memori NAND SSD dibanding generasi sebelumnya, karena mereka percaya bahwa dengan peningkatan algoritma memori cache akan memiliki performa lebih cepat dibanding sebelumnya.

Jika dibandingkan generasi pendahulunya, generasi ke-6 HDD 15K dari Seagate ini memiliki kecepatan baca rerata hingga 315 MB/s. Seagate juga menjanjikan peningkatan kecepatan baca random hingga 2x lipat. Seagate mengklaim bahwa algoritma memori penyimpanan terbaru mereka akan menyajikan data spesial tersebut 3x lebih cepat dibanding versi tanpa cache NAND SSD. Sayangnya pihak Seagate tidak menyajikan data spesifikasi performa NAND SSD tersebut. Produk ini juga diklaim memiliki kehandalan/reliabilitas yang setara dengan generasi sebelumnya yaitu 2 juta jam MTBF (Mean Time Between Failure, atau masa operasional sampai rusak) dan tingkat kegagalan tahunan 0,44%.

Seagate menanamkan fitur FastFormat pada yang memungkinkan hard disk tersebut untuk diformat pada native 4K format atau emulasi 512KB, dengan demikian Seagate tidak perlu banyak-banyak memproduksi varian tipe Seagate Enterprise Performance 15K v6.

Saat ini HDD 15K tidak lagi menjadi perangkat penyimpanan yang tecepat, bahkan pada konfigurasi RAID sekalipun karena teknologi SSD kelas server sendiri kecepatannya sudah jauh lebih tinggi. Namun HDD 10K dan 15K masih banyak digunakan pada berbagai server datacenter di berbagai belahan dunia, bahkan tidak jarang datacenter masih mengkombinasikan SSD dengan HDD kecepatan tinggi. Seagate mengklaim bahwa pasar HDD tersebut masih ada sekitar 6 juta permintaan per triwulan dengan yang setengah market share-nya dikuasai oleh Seagate, namun tidak dapat dipungkiri bahwa tren HDD 15K cenderung semakin menurun. Namun karena HDD server memiliki siklus pemakaian yang panjang, maka pengembangan teknologi HDD 15K masih menguntungkan bagi Seagate dan produsen lainnya.

Seagate tidak merilis secara publik harga Seagate Enterprise Performance 15K v6, karena segmennya yang spesifik dan metode pengadaannya yang berbasis partai dalam jumlah besar melalui distributor.

In this article

Join the Conversation


Lewat ke baris perkakas