Seagate Merilis Hard Disk Eksternal 2,5″ Berkapasitas Terbesar Di Dunia

Salah satu pemain utama industri hard disk, Seagate, merilis hard disk portabel eksternal berkapasitas terbesar di dunia, Backup Plus Portable Drive 5 TB. Hard disk portabel tersebut berbasis Seagate...

360 0
360 0

Salah satu pemain utama industri hard disk, Seagate, merilis hard disk portabel eksternal berkapasitas terbesar di dunia, Backup Plus Portable Drive 5 TB. Hard disk portabel tersebut berbasis Seagate BarraCuda 2,5″ yang belum lama diluncurkan dan menjadikannya hard disk portabel berkapasitas terbesar di kelasnya. Sebagaimana BarraCuda 2,5″, Backup Plus Portable Drive 5 TB juga menggunakan teknologi piringan Shingled Magnetic Recording (SMR) dan Multi-Tier Caching (MTC).

Seagate Backup Plus Portable Drive 5 TB (STDR5000100) diluncurkan bersama adiknya yang berkapasitas lebih rendah yaitu 4 TB (STDR4000100), keduanya sama-sama memiliki casing anodized aluminium berdimensi 78×114,5×20,5 mm dan sama-sama menggunakan port USB 3.0 sebagai antarmuka data dan daya sekaligus (kompatibel dengan USB 2.0). Konsumsi daya media simpan portabel ini tidak lebih dari 2,1 Watt dan bisa digunakan pada PC atau gadget yang kompatibel. Seagate juga melengkapi produk Backup Plus Portable Drive ini dengan software Dashboard untuk sistem operasi macOS, Windows, iOS, dan Android. Tidak hanya itu saja, Seagate juga memberi bonus berupa ruang simpan cloud storage sebesar 200 GB gratis selama 2 tahun.

Bagian jeroan Seagate Backup Plus Portable Drive 4/5 TB adalah Seagate BarraCuda 2.5” 4/5 TB yang baru diluncurkan bulan lalu. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa teknologi dan fitur yang tertanam juga sama dengan BarraCuda 2,5″ yaitu piringan 1 TB SMR pada putaran 5400 RPM dengan memori cache 128 MB serta fitur MTC untuk menjaga performa kecepatan baca-tulis data pada hard disk SMR. Walau Seagate Backup Plus Portable Drive 4/5 TB ini bukan produk pertama Seagate yang mengaplikasikan teknologi SMR, namun teknologi MTC yang ditanamkan merupakan pertama kalinya.

Seagate Backup Plus Portable Drive 5 TB akan mulai masuk pasaran bulan ini dengan pilihan warna casing hitam, silver, merah, dan biru. Saat ini Backup Plus Portable Drive 5 TB adalah hard disk eksternal 2,5″ berkapasitas terbesar di dunia. Seagate membanderolnya pada harga yang cukup tinggi yaitu 190 USD. Kita tunggu saja kapan hard disk eksternal berkapasitas raksasa ini akan masuk ke Indonesia.

Informasi lebih lanjut mengenai ketersediaan Seagate Backup Plus Portable Drive 5 TB di Indonesia bisa didapatkan melalui distributor resmi

Sumber 1 dan Sumber 2

 

 

In this article

Join the Conversation


Lewat ke baris perkakas