Seagate Akan Merilis HDD 16 TB Pada 2018

Pekan ini Seagate mengumumkan rencananya untuk produk hard disk masa depan mereka. Raksasa industri media simpan data tersebut berencana merilis HDD berkapasitas 16 TB pada 2018, dan model 12...

177 0
177 0

Pekan ini Seagate mengumumkan rencananya untuk produk hard disk masa depan mereka. Raksasa industri media simpan data tersebut berencana merilis HDD berkapasitas 16 TB pada 2018, dan model 12 TB dan 14 TB akan segera rilis tahun ini. Saat ini kapasitas terbesar hard disk yang ditawarkan Seagate yaitu 10 TB, namun mereka akan terus memperpadat dan memperbanyak kapasitas piringan produk hard disknya.

Seagate akan mengandalkan teknologi helium untuk mencapai kapasitas yang besar. Saat ini memang Seagate sudah merilis SSD berkapasitas besar bahkan hingga 60 TB dengan ukuran 3,5″ yang kompatibel dengan PC dan NAS kelas consumer. Namun produk SSD tersebut harganya sangat tinggi dan memang ditujukan untuk segmen enterprise.  Saat ini HDD Seagate berkapasitas 10 TB dibanderol pada harga kisaran 400-an USD sedangkan SSD 16 TB harganya 20-30 kali lipatnya dengan selisih kapasitas yang tidak begitu jauh, dimana harga per GB-nya masih jauh lebih murah HDD.

Pihak Seagate menyatakan bahwa HDD 16 TB-nya masih tersedia secara terbatas pada tahun ini, namun mereka berencana melempar ke pasaran secara masal dengan skala besar mulai 2018. Namun dalam waktu dekat ini, Seagate akan segera merilis HDD 12 TB ke pasaran lalu disusul versi 14 TB sebelum akhir tahun.

Sumber

In this article

Join the Conversation


Lewat ke baris perkakas