Standar Terbaru Memori SD Card Application Performance Diperkenalkan

Pekan ini SD Association mengumumkan SD Specification 5.1, dimana akan memperkenalkan kelas Application Performance yang akan menetapkan performa baca dan tulis IOPS yang akan didukung oleh kartu memori SD card...

305 0
305 0

Pekan ini SD Association mengumumkan SD Specification 5.1, dimana akan memperkenalkan kelas Application Performance yang akan menetapkan performa baca dan tulis IOPS yang akan didukung oleh kartu memori SD card mendatang. Application Performance Classes didesain untuk membantu pengguna untuk memastikan bahwa memory card yang mereka gunakan sangat mampu untuk memberikan performa yang layak dalam menjalankan berbagai aplikasi.

Ketika Panasonic, SanDisk dan Toshiba membentuk standar kartu Secure Digital pada akhir 90-an, tujuan utama mereka adalah membangun perangkat removable mini untuk menyimpan file multimedia (video, audio, gambar, dsb) dan bahkan sistem operasi yang akan lebih fleksibel dibanding kartu MMC dan mampu terus dikembangkan hingga masa mendatang. Sepanjang perjalanannya SD card terus ditingkatkan kapasitasnya, ditingkatkan performanya dan dilengkapi dengan teknologi baru yang disebut interleaving memori untuk meningkatkan performa sehingga mampu digunakan pada level yang membutuhkan kecepatan data sangat tinggi seperti streaming banyak video sekaligus. Pada era balakangan ini, ketika tren perangkat genggam semakin tinggi maka semakin membutuhkan jaminan kecepatan read/write baik random maupun sekuensial ugar mampu menjalankan berbagai aplikasi.

Pada awal tahun 2016 ini SD Association merilis SD Specification 5.0 yang mendukung blok memori berukuran besar pada chip NAND modern dan memperkenalkan label Video Speed Class terbaru yang menetapkan kecepatan tulis minimum yang harus didukung oleh kartu memori tersebut. Saat ini SD Specification 5.1 memperkenalkan Application Performance Classes yang menuntut performa sekuensial yang stabil sekaligus performa baca tulis random IOPS. Kelas pertama yang ditetapkan adalah A1.

SD Specification 5.1 yang menetapkan Application Performance Class 1 (A1) menuntut SD card untuk memiliki kecepatan sekuensial 10 MB/s dengan performa baca 1500 random IOPS dan tulis 500 random IOPS. SD Association juga berencana memperkenalkan Application Performance Class pada level yang lebih tinggi lagi ketika kebutuhan pasar sudah meningkat. Application Performance Class hanya berlaku pada kartu memori yang sudah menggunakan SD Specification 5.1 dan tidak mencakup seluruh sertifikasi performa. Pengguna harus membeli kartu baru yang sudah kompetibel dengan standar tersebut dan mengujinya menggunakan berbagai aplikasi pengujian yang sudah tersedia.

Sebagaimana umumnya kartu memori SD card, berbagai label standar SD (UHS, VSC, dsb) yang menjelaskan spesifikasi kartu memori tersebut juga akan ditambahkan dengan label A1. Pada prakteknya, performa 10 MB/s yang dituntut oleh App Performance Class 1 tidak terlalu tinggi bahkan tergolong sudah sangat mainstream karena SD card yang umum dipasarkan sudah mencapai 30 MB/s keatas. Namun label A1 menjadi standar pertama yang menjamin kecukupan performa random IOPS untuk menjalankan berbagai aplikasi.

Informasi lebih lanjut mengenai ketersediaan memori SD card berstandar A1 di Indonesia bisa menghubungi distributor SanDisk Indonesia, Dinamika Perkasa Jaya.

 

 

In this article

Join the Conversation


Lewat ke baris perkakas