Flashdisk Seharga Jutaan Rupiah dari Sandisk

Sebuah gebrakan dilakukan oleh Sandisk di awal tahun ini. Perusahaan yang dikenal dengan produk flashdisk itu kini sudah berada di bawah naungan Western Digital. Dan pada Januari kemarin,...

145 0
145 0

Sebuah gebrakan dilakukan oleh Sandisk di awal tahun ini. Perusahaan yang dikenal dengan produk flashdisk itu kini sudah berada di bawah naungan Western Digital. Dan pada Januari kemarin, ada rilisan produk baru dari seri flashdisk. Sebuah flashdisk barangkali dianggap bukan sebagai produk yang trendi atau menyedot perhatian publik. Toh, rata-rata pasti sama atau mirip dengan perbedaan dari masing-masing kapasitas penyimpanan. Apalagi kisaran harganya pun tak jauh berbeda sesuai kapasitas dan merek. Namun yang dirilis oleh Sandisk ini adalah Extreme Pro USB 3.1 Solid State Flash Drive. Masih terdengar biasa dan tak ada bedanya dengan flash drive yang lain? Coba tengok harganya. Bandrol yang dipasang untuk seri ini kalau dirupiahkan menjadi sekitar 2,4 juta.

Apa sih keunggulan dari Extreme Pro USB 3.1 Solid State Flash Drive sampai-sampai harganya bisa setinggi itu? Menurut keterangan resmi dari perusahaan dan produknya, seri ini adalah flash drive dengan kecepatan yang paling kencang. Mampu membaca data dengan kecepatan sampai 420 Mbps. Sedangkan kemampuan menuliskan data bisa melaju hingga 380 Mbps. Bandingkan saja dengan rata-rata kemampuan baca dan tulis dari flashdisk yang kerap digunakan orang. Tentu saja sangat jauh dan dengan demikian ada segmentasi khusus yang disasar oleh Sandisk melalui rilisan flashdrive ini.

Segmentasi yang dibidik dari seri flashdisk ini adalah kelas profesional. Kebanyakan adalah tenaga kreatif profesional, para penggemar teknologi tingkat tinggi, atau siapa saja yang memang gemar menyimpan data-data berukuran besar ke mana-mana tanpa ingin direpotkan dengan perangkat yang lebih besar. Pasalnya, ukuran hard disk eksternal ternyata bagi sebagian orang masih dianggap merepotkan. Apalagi harus menyimpannya secara hati-hati. Sedangkan pemakaian flashdisk jauh lebih ringkas dan praktis. Tinggal dikantongi dan digunakan kapan saja sementara data yang disimpan pun kapasitasnya seolah tak terbatas dan bahkan nyaris menyamai kapasitas hard disk eksternal.

Pilihan kapasitas penyimpanan pun jelas lebih besar. Disediakan dalam varian 128 GB dan 256 GB. Untuk varian pertama, harga bandrolnya kalau dirupiahkan sekitar 1,1 juta. Keduanya punya keunggulan dari segi kecepatan transfer data yang berbeda dari biasanya. Analoginya, hanya dalam waktu sekitar 15 detik, flashdisk ini bisa digunakan untuk memindahkan data film 4K.

Penerapan interface USB 3.1 adalah kunci utama yang akhirnya dieksplorasi oleh perusahaan untuk flashdisk berkemampuan istimewa ini. Berdasarkan keterangan dari Sven Rathjen, wakil presiden Western Digital Client Solution Business, seri ini merupakan hasil penggabungan dari teknologi Solid State Drive (SSD) yang sangat membantu urusan transfer data tanpa tersendat. Body-nya pun dirancang sangat detil dan serius tidak seperti kebanyakan flashdisk yang biasa beredar di masyarakat. Dengan konektor USB retractable, body-nya dirancang dari bahan alumunium.

Extreme Pro USB 3.1 Solid State Flash Drive adalah pilihan yang sangat menarik di tengah-tengah kebutuhan masyarakat penggila teknologi yang ingin segalanya jadi lebih ringkas dan simpel. Flashdisk ini sudah dipasarkan secara resmi sejak Januari tahun kemarin. Dan menerima sambutan hangat dari masyarakat. Mungkin pikiran membeli flashdisk dengan harga segitu masih belum biasa bagi mayoritas orang di sini. Namun faktanya, kebutuhan penyimpanan data yang sifatnya sangat mobile tak memungkiri kenyataan dari hadirnya Extreme Pro USB 3.1 Solid State Flash Drive. Oleh karena itu, diprediksikan perusahaan akan menghadirkan kejutan lainnya khususnya untuk produk flashdrive.

In this article

Join the Conversation


Lewat ke baris perkakas