Samsung Mulai Produksi Masal Chip Prosesor 10 Nanometer

Samsung mengumumkan bahwa mereka memulai produksi masal chip prosesor berbasis generasi ketiga teknologi fabrikasi 10nm “10LPE”, tidak sampai setahun setelah mereka mengumumkan produski masal teknologi 14LPP Januari lalu...

277 1
277 1

Samsung mengumumkan bahwa mereka memulai produksi masal chip prosesor berbasis generasi ketiga teknologi fabrikasi 10nm “10LPE”, tidak sampai setahun setelah mereka mengumumkan produski masal teknologi 14LPP Januari lalu yang digunakan pada Exynos 8890 dan Snapdragon 820.

Pengumuman teknologi baru ini tergolong lebih cepat dibanding beberapa tahun sebelumnya karena banyak pihak menduga bahwa Samsung akan memulainya tahun depan. Dengen demikian pada pertengahan tahun 2017 akan banyak smartphone yang sudah tertanam prosesor yang diproduksi pada 10nm.

Samsung tidak memberi detail spesifikasi prosesor apa saja yang mulai diproduksi pada teknologi 10nm tersebut. Namun sudah dapat ditebak bahwa Exynos generasi baru dan Penerus Snapdragon 820 akan diproduksi pada teknologi tersebut.

Samsung menyatakan dalam rilis resminya bahwa teknologi produksi 10LPE menggunakan struktur transistor 3D dan proses produksi yang lebih maju dibanding 14nm, sehingga menghasilkan peningkatan efisiensi area sebesar 30% dengan konsumsi daya 40% lebih rendah atau peningkatan performa sebesar 27%.

Proses tersebut menjanjikan peningkatan performa dan efisiensi yang signifikan dibandingkan generasi saat ini sehingga chip prosesor generasi mendatang akan memiliki peningkatan signifikan sebagaimana prosesor SoC 14/16nm memiliki peningkatan yang signifikan dibanding desain generasi sebelumnya yang menggunakan 20/28nm.

Namun prosesor baru yang akan dirilis dalam beberapa waktu ke depan masih akan tetap menggunakan 14/16nm karena mereka sudah masuk proses produksi sejak sebelum 10nm dimulai, hingga produk berbasis TSMC 10FF dan Samsung 10LPE sudah benar-benar siap diluncurkan ke pasaran. Tahun depan akan kembali menjadi persaingan yang cukup sengit antara Qualcomm Snapdragon dan Samsung Exynos sebagaimana tahun ini.

 

 

In this article

Join the Conversation

1 comment

  1. Qualcomm Mengumumkan Snapdragon 835, Penerus Snapdragon 820 dan 821 - Informasi Hardware, Gadget , TIps dan Trik Balas

    […] Mereka tidak memberikan detail spesifikasi performa dan konsumsi daya pada Snapdragon 835, namun Samsung 10LPE sendiri menjanjikan peningkatan efisiensi area hingga 30% dengan peningkatan performa hingga 27% […]


Lewat ke baris perkakas