Samsung Galaxy S8 Akan Menggunakan GPU dari ARM terbaru

Belum lama ini dikabarkan bahwa salah satu staf senior Samsung ditangkap oleh polisi di Korea Selatan ketika mencoba mencuri data-data rahasia perusahaannya terkait teknologi chip 14nm dan 10nm....

271 0
271 0

Belum lama ini dikabarkan bahwa salah satu staf senior Samsung ditangkap oleh polisi di Korea Selatan ketika mencoba mencuri data-data rahasia perusahaannya terkait teknologi chip 14nm dan 10nm. Laporan menunjukkan bahwa diantara data-data yang dicuri tersebut terdapat informasi bahwa Samsung akan menggunakan prosesor Exynos dengan teknologi fabrikasi 10nm untuk produk smartphone Galaxy S8 tahun depan.

Menurut informasi yang didapatkan oleh Sammobile, Samsung Galaxy S8 akan menggunakan prosesor Exynos 8895 yang menggunakan arsitektur chip grafik terbaru dari ARM, Mali-G71. Chip GPU (Graphic Processing Unit) tersebut diklaim memiliki performa 1,8x lipat dibanding GPU Mali-T880 MP12 yang ada di Exynos 8890 pada Galaxy S7. Bahkan dikabarkan bahwa GPU ini nantinya akan lebih bertenaga dibanding GPU yang terdapat pada Snapdragon 830 menurut skor GFXBench.

Chip grafik Mali-G71 akan menggunakan teknologi arsitektur Bifrost yang baru dirilis ARM, GPU tersebut menawarkan teknologi yang mendukung VR dan 4K terkini. ARM juga mendesain GPU tersebut kompatibel dengan Vulkan, OpenGL ES 3.2, GPU Compute (HSA), dan Android RenderScript API. Dengan frekuensi 850MHz, GPU Mali-G71 yang jika diproduksi pada 16nm tersebut akan mampu memberikan output grafik 27,2 Gigapixel/detik (GPix/s) dimana performa ini setara 2x lipat Mali-T880 pada frekuensi yang sama. Hingga saat ini masih belum diketahui berapa frekuensi Mali-G71 yang akan digunakan oleh Samsung.

Beredar juga rumor bahwa Samsung akan menggunakan layar 4K pada Galaxy S8 dan S8 Edge untuk pengalaman Virtual Reality yang lebih baik. Samsung masih belum memberikan informasi detail terkait Samsung Galaxy S8, seluruh informasi yang ada hingga saat ini masih bisa berubah hingga Samsung merilis Galaxy S8 tahun depan.

In this article

Join the Conversation


Lewat ke baris perkakas