Samsung ArtPC, PC Desktop Berbentuk Silinder Dengan Desain Premium dan Modis

Bagi sebagian besar PC enthusiast, jika disebut PC berbentuk silinder maka yang ada di benak mereka akan langsung terbesit Apple Mac Pro. Mac Pro sendiri dirilis Apple 3 tahun...

205 0
205 0

Bagi sebagian besar PC enthusiast, jika disebut PC berbentuk silinder maka yang ada di benak mereka akan langsung terbesit Apple Mac Pro. Mac Pro sendiri dirilis Apple 3 tahun lalu dan hingga saat ini masih tidak ada update spesifikasi dari pihak Apple, bisa dikatakan bahwa Apple Mac Pro adalah komputer dengan teknologi 3 tahun lalu. Saat ini samsung merilis PC berwujud silinder dengan bahan casing dari alumunium, ArtPC Pulse Premium Desktop. Jika Mac Pro dibuat untuk menyasar kelas profesional dengan spesifikasi sangat tinggi ketika itu dan harganya selangit. Maka ArtPC Pulse Premium Desktop menurut Anandtech akan lebih menyasar kelas konsumen mainstream.

Samsung melengkapi PC modis ini dengan prosesor Intel Core i5 atau i7 generasi ke-6 Skylake. Untuk VGA-nya menggunakan AMD Radeon RX, pada bagian atasnya terdapat spiker multi-arah 360 derajat Harman/Kardon. Samsung masih belum memberi spesifikasi detail versi CPU yang digunakan, hanya core i5 2,7GHz dan i7 3,4GHz. Core i5 dengan frekuensi tersebut ada 2 kemungkinan yaitu i5-6400 dengan daya 65W atau i5-6600T berdaya 35W. Core i7 dengan 3,4GHz tidak lain i7-6700 berdaya 65W.

Samsung belum merilis foto bagian internal ArtPC Pulse Premium Desktop dan juga belum beredar foto-foto bagian internal PC tersebut. Namun pada situs Amazon tersebut Samsung menawarkan spesifikasi RAM 8GB DDR4 dan SSD NVMe berkapasitas 256GB untuk versi Core i5, sedangkan untuk versi Core i7 dilengkapi RAM 16GB DDR4 dan SSD NVMe berkapasitas 256GB plus HDD SATA berkapasitas 1TB. Masih belum diketahui apakah bagian jeroannya semisal RAM dan SSD bisa dipgrade atau tidak. Seluruh varian PC tersebut sama-sama menggunakan VGA AMD Radeon RX 460 2GB dengan model slot MXM sebagaimana pada VGA notebook.

Pada foto panel belakang PC tersebut jelas terlihat 4 buah port USB 3.0, sebuah USB tipe-C, sebuah port output HDMI, sebuah port LAN Ethernet, sebuah SD card reader dan sebuah 3,5mm audio jack. Dengan banderol harga tersebut sayangnya tidak disertakan port Thunderbolt 3 dan beberapa port audio tambahan lainnya, padahal spikernya menggunakan Harman/Kardon. Pada daftar spesifikasinya terlihat bahwa dibutuhkan baterai AA 3 buah, entah untuk spikernya atau remot kontrol.

Desainnya casingnya sendiri cukup minimalis dan modis, berukuran panjang 30,9 cm dengan diameter 13,9 cm dengan sebuah kipas pendingin terpusat pada ujung silinder sebagaimana Apple Mac Pro, MSI Vortex, dan GIGABYTE UHD Brix. Sayangnya Samsung ArtPC untuk saat ini hanya tersedia untuk pasar AS dengan banderol USD 1200 (15,7 juta rupiah) versi core i5 dan USD 1600 (20,9 juta rupiah) untuk versi core i7.

In this article

Join the Conversation


Lewat ke baris perkakas