Memory RAM 8GB Siap Meluncur Untuk Gadget Mobile

Smartphone flagship premium tidak lama lagi akan mengadopsi memori RAM sebesar 8GB sebagai standar. Samsung mengumumkan chip memori RAM baru berkapasitas 8GB yang dikemas dalam sebuah chip berukuran kecil....

213 0
213 0

Smartphone flagship premium tidak lama lagi akan mengadopsi memori RAM sebesar 8GB sebagai standar. Samsung mengumumkan chip memori RAM baru berkapasitas 8GB yang dikemas dalam sebuah chip berukuran kecil. Chip RAM berjenis LPDDR4 ini diproduksi menggunakan teknologi 10nm.

Keberadaan prosesor 64-bit dan Android 64-bit beberapa tahun terakhir ini memungkinkan kapasitas memori RAM smartphone dan tablet diatas 4GB, namun sayangnya masih jarang pabrikan smartphone yang melampaui 4GB bahkan Samsung pun masih bertahan di 4GB pada seri Galaxy S dan Note terbarunya. Dengan dirilisnya chip LPDDR4 8GB ini diharapkan mulai tahun depan banyak produsen perangkat mobile yang mengadopsi memori 8GB untuk segmen flagshipnya atau premiumnya.

Saat ini LPDDR4 merupakan jenis memori hemat daya tercepat di segmen mobile. Samsung mengklaim LPDDR4 setara dengan DDR4 RAM pada PC dan memiliki kecepatan dua kali lipatnya. Chip DDR4 PC beroperasi pada kecepatan 2.133 Mbps sedangkan LPDDR4 8GB dari Samsung ini mampu beroperasi pada kecepatan 4.266 Mbps. Karena diproduksi pada 10nm maka chip DRAM ini hanya berdimensi luas 15×15 mm dengan ketebalan hanya 1 mm dan bisa disusun bertumpukan dengan jenis chip lainnya semisal prosesor.

Walau sebenarnya memori 8GB terlalu besar untuk smartphone, namun sangat realistias jika diaplikasikan pada produk tablet mengingat produk tablet sendiri cenderung lebih multifungsi dibanding smartphone. Samsung sendiri mengindikasikan bahwa akan merilis chip memori ini ke pasaran mulai akhir tahun ini sehingga bukan hal yang mengherankan jika tahun depan mulai bermunculan produk gadget mobile yang memiliki RAM 8GB.

In this article

Join the Conversation


Lewat ke baris perkakas