Samsung Mengumumkan Teknologi Produksi Semikonduktor 14nm dan 10nm Terbarunya

Saat ini industri chip semikonduktor dan prosesor semakin kompetitif. Tahun 2016 perkembangan proseso fabrikasi memang cukup lambat, namun mulai 2017 pertempuran sebenarnya akan terjadi. Samsung dan TSMC cenderung...

396 0
396 0

Saat ini industri chip semikonduktor dan prosesor semakin kompetitif. Tahun 2016 perkembangan proseso fabrikasi memang cukup lambat, namun mulai 2017 pertempuran sebenarnya akan terjadi. Samsung dan TSMC cenderung setara dalam hal teknologi produksi chip semikonduktor. Namun saat ini raksasa elektronik Korea mengumumkan suatu pencapaian mereka yang luar biasa. Samsung mengumumkan proses produksi 10nm dan 14nm LPU yang disebut 10LPU dan 14LPU. Proses ini akan menghasilkan peningkatan performa dibanding 10/14nm yang ada saat ini namun dengan konsumsi daya yang sama.

Samsung 14LPU dan 10LPU diluncurkan pada even Foundry Forum yang mereka selenggarakan sendiri. 10LPU merupakan generasi ketiga dari proses produksi 10nm dan 14LPU merupakan generasi keempat dari 14nm produk semikonduktor Samsung. Keduanya ditujukan untuk produk chip dengan performa lebih tinggi namun tanpa mengubah konsumsi dayanya.

Samsung mengklaim bahwa 10LPU akan memberikan penyusutan area permukaan chip labih jauh lagi dibanding 10nm LPP dan LPE sehingga biaya produksinya akan lebih rendah. Samsung juga merilis update progres pengembangan teknologi semikonduktor 7nm EUV. Samsung dan TSMC berlomba-lomba mengejar teknologi terbaru ini, namun siapa duluan yang mencapai 7nm akan dibuktikan pada tahun depan. Teknologi proses terbaru tersebut akan diaplikasikan pada chip prosesor Qualcomm Snapdragon 830 dan Samsung Exynos 8895 yang dikabarkan akan mampu menyentuh frekuensi 3 GHz. Namun semua rumor dan rencana tersebut akan benar-benar butuh pembuktian pada 2017. Kita lihat saja nanti.

 

 

 

In this article

Join the Conversation


Lewat ke baris perkakas