Seasonic PRIME 650W, PSU Medium Grade Titanium (Review)

Seasonic adalah salah satu industri Power Supply Unit (PSU) terkemuka yang sudah menjadi pemain lama dalam pasar PSU mainstream. Pada tahun ini Seasonic merilis keluarga PSU flagship-nya dengan grade...

705 2
705 2

Seasonic adalah salah satu industri Power Supply Unit (PSU) terkemuka yang sudah menjadi pemain lama dalam pasar PSU mainstream. Pada tahun ini Seasonic merilis keluarga PSU flagship-nya dengan grade 80 PLUS Titanium. Grade efisiensi tertinggi PSU.

Seasonic sudah merilis produk PSU (Power Supply Unit) seri PRIME dengan grade Titanium berdaya 750W dan 650W pada bulan Juli kemarin. Bulan Agustus lalu mereka menyusulnya dengan varian 850W, sedangkan varian 1000W akan mereka rilis pada November. Seasonic juga akan merilis varian Platinum dan Gold pada seri PRIME, namun masih belum bisa dipastikan kapan waktunya. Di Indonesia sendiri Seasonic PRIME baru dijadwalkan masuk pada bulan November ini melalui distributor resminya.

Pada artikel ini kami akan membahas dan mengulas varian terbawah Seasonic PRIME Titanium, versi 650 Watt.

Spesifikasi umum Seasonic PRIME Titanium family:

  • 80 PLUS® Titanium Certified.
  • Micro Tolerance Load Regulation (MTLR).
  • 135 mm Fluid Dynamic Bearing Fan.
  • Hybrid Fan Control.
  • Super lower Ripple Noise (under 20 mV).
  • Extended Hold-up Time (Above 30 ms).
  • Fully Modular Cabling Design.
  • Multi-GPU Supported.
  • Gold-Plated High Current Terminals

Kemasan dan Kelengkapan

Sebagaimana PSU Seasonic PRIME 850 Watt yang sudah kami review sebelumnya, varian 650 Watt ini dikemas dalam box mengkilap berwarna silver. Bundel isi di dalamnya sangat lengkap, seluruh kabel modular dikemas dalam sebuah box. Seasonic juga menyediakan petunjula penggunaan, sebuah label case, stiker, beberapa baut pengunci dan berbagai pengikat kabel dari plastik. Unit PSU-nya sendiri terbungkus oleh sebuah kantong kain yang dilindungi oleh himpitan 2 buah gabus tebal. Mereka juga menambahkan kabel power sesuai regional negara pasarannya. Benar-benar pengemasan berkualitas tinggi.

Seluruh kabel modular Seasonic PRIME berwarna hitam dengan model ribbon/pita, kecuali untuk kabel power utama terbungkus oleh lembaran kain. Seluruh kabel tersebut terlihat berkualitas tinggi. Untuk varian PRIME 650 dan 750 sama-sama dilengkapi dengan 4 kabel power 6+2 pin PCIe untuk mendukung multi-GPU hingga 2 buah kartu VGA, sedangkan varian 850 memiliki hingga 6 kabel power 6+2 pin PCIe untuk mendukung 3 buah kartu VGA. Perbedaan antara Seasonic PRIME Titanium 650 dan 750 terletak pada jumlah kabel SATA, versi 650 memiliki 6 buah kabel power SATA sedangkan versi 750 memiliki 10 buah.

Spesifikasi jumlah kabel dan panjang kabel sebagaimana tabel berikut.


Penampakan dan Spesifikasi PSU

Unit PSU Seasonic PRIME memiliki build quality dengan grade premium dan warna yang simpel. Warnanya yang silver dan hitam netral membuatnya kipasnya tidak terlihat dan tampak pas dipasangkan pada casing berwarna apapun. Kualitas pengecatannya juga sangat rapi dan bagus. Seasonic memperhatikan detail dengan ukiran logo Seasonic.

Terdapat satu sisi dimana seluruh port konektor kabel modular diletakkan. Konektor power motherboard utama berada pada panel bawah kanan, dengan label yang jelas. Konektor peripheral, SATA, dan Molex ditempatkan pada sebaris panel kanan atas dan dilengkapi dengan label yang cukup jelas. Selebihnya pada sisi kiri terdapat sekumpulan panel 8-pin untuk CPU dan PCIe sebanyak total 4 buah yang sudah cukup jelas dilengkapi dengan label dan penanda. Secara umum panel-panelnya cukup jelas bahkan bagi perakit pemula. Sedangkan versi 850 memiliki total 3 baris panel port konektor, 8 buah 8-pin PCIe dan 6 SATA/peripheral.

Pada sisi lain terdapat ventilasi untuk membantu aliran udara. terdapat sebuah tombol power dan port konektor daya utama pada kanan. Seasonic juga membekalinya dengan tombol Hybrid mode, untuk mematikan kipas/fan ketika PSU tersebut temperaturnya turun pada suhu tertentu sehingga lebih sunyi. Seasonic mengklaim mode Hybrid Fanless bekerja pada sekitar 50% (±5%) ketika PSU berada pada suhu 25 °C dan 30%  (±5%) ketika PSU berada pada suhu 40 °C. PSU Titanium grade 650W ini mampu menyuplai arus 54A pada +12V rail, daya yang melimpah untuk mendukung konfigurasi multi-GPU baik SLI maupun Crossfire.

Seasonic menggunakan sebuah kipas berdiameter 135 mm bermerk Hong Hua dengan tipe model HA13525M12F-Z. Kipas ini merupakan Fluid Dynamic Bearing Fan yang dipilih untuk karakteristik suara dengan tingkat kebisingan sangat rendah. Sebelumnya PSU Seasonic Snow Silent 750W sudah cukup menarik karena menggunakan kipas 120 mm yang lebih kecil, namun saat ini Seasonic mengadopsi kipas yang lebih besar merupakan lompatan yang luar biasa. Kipas angin yang lebih besar mampu mengalirkan udara lebih banyak pada kecepatan yang sama dan bisa berputar lebih lambat untuk menekan kebisingan tanpa mengorbankan aliran udara yang signifikan. Kipas 135 mm ini juga ditanamkan pada versi PRIME 650W dan 750W.

Kualitas solderan Seasonic sangat bagus dan sangat jelas terlihat bahwa Seasonic berhasil menekan kerumitan sistem dengan desain konektivitas internal bebas kabel yang terbaru. Terdapat sebuah plat tembaga yang menghubungkan panel belakang pada papan PCB utama untuk meningkatkan reliabilitas dan performa. Seasonic memperbanyak penggunaan solder pasta di seluruh desainnya demi alasan kualitas.

Seasonic sangat percaya diri dengan kualitas dan ketahanannya sehingga berani menawarkan jaminan garansi penuh selama 10 tahun pada produk PSU PRIME Titanium ini. Seasonic juga mengadopsi kapasitor grade premium buatan Jepang pada seluruh rangkaian listrik level primer maupun sekundernya. Pada tingkat primer digunakan 2 buah kapasitor 105c Nippon Chemi Con 400v 450uF, dengan total 900uF.

Sedangkan Seasonic PRIME Titanium versi 850W menggunakan 2 buah kapasitor 105c Nippon Chemi Con 400v 650uF dan 400v 450uF, dengan total 1100uF. Untuk versi 750W menggunakan 2 buah kapasitor 400v 560uF dan 400v 450uF, dengan total 1010uF.

Pengujian dan Pengukuran

Pengujian dan pengukuran PSU yang tepat dan akurat membutuhkan prosedur yang sangat rumit dan tim dari KitGuru berhasil membuat sistem pengujian dengan beban DC hingga 2000 Watt. Temparetaur ruang pengujian diatur pada 35 °C untut mensimulasikan kondisi pada bagian dalam kotak casing CPU yang lebih hangat dibanding suhu ruangan.

Seasonic PRIME Titanium 850 pada pengujian sanggup menghandle beban daya hingga 788 Watt, terhitung sebelum shut down. Sebauh pencapain sangat luar biasa sebagaimana Seasonic seri PRIME Titanium lainnya. Berikut tabel pengujian pada berbagai variasi pengaturan beban daya DC output.

Lalu pengujian berikutnya yaitu Cross Loading, suatu kondisi ketika beban tidak seimbang. Jika sebuah PC mengkonsumsi daya 500W pada output +12V namun sesuatu semisal 30W melalui output kombinasi 3,3V dan +5V maka pengatur tegangan atau regulator bisa naik turun cukup parah. Pada pengujian tersebut tampak tidak memiliki masalah ketika menghadapi pengujian Cross Loading secara intensif. Pada +12V rail dialirkan arus 48A dan mampu mempertahannya pada 12,02V. Pada rail lainnya juga sama-sama mendapatkan hasil yang sangat bagus.

Ketika riak AC dan noise yang terdapat pada DC output diukur menggunakan osiloskop. Tim penguji menyetel waktu osiloskop untuk mengecek riak AC pada spektrum terendah dan tertinggi. Pada tabel hasil pengukuran tampak bahwa redamannya noise-nya sangat halus, hanya mencapai 5-10mV pada rail  +3,3V dan +5V. Pada rail +12V memiliki noise maksimal 15mV pada kondisi beban penuh, masih dalam batas toleransi dan bahkan sangat jauh dari batas toleransi.

Efisiensi daya Seasonic PRIME Titanium 650 sangat luar biasa tinggi, mencapai 96% pada beban daya 450W dan 93,5% pada beban penuh 650W. Pada pengujian beban daya overload maksimal menunjukkan efisiensi 92,6% pada 788 Watt.

Lalu dilanjutkan dengan pengujian tingkat kebisingan yang dihasilkan oleh PSU Seasonic PRIME Titanium 650 ketika sedang beroperasi pada berbagai beban daya. Tampak bahwa tingkat kebisingan yang dihasilkan oleh kipas pendingin 135 mm dan komponen lainnya sangat rendah hingga 34,3 dBA pada putaran maksimal atau setara ruang dalam rumah yang sepi. Sama dengan versi 850 Watt.

Jika dilihat dari kebisingan yang rnedah tersebut bisa diperkirakan bahwa kipas pendingin berputar relatif lambat, baru ketika beroperasi pada 250W putarannya mulai dapat didengar. Jika posisinya ada di dalam casing berkualitas tinggi, maka secara umum suara fan-nya bisa dibilang tidak terdengar samasekali. Dalam kondisi putaran yang senyap tersebut kemampuan pendinginannya juga sangat bagus ditunjukkan pada temperatur pembuangan panasnya hingga variabel selisih 6 °C, lebih baik dibanding versi 850 yang mencapai 9 °C.

Kesimpulan

Tidak diragukan lagi bahwa Seasonic paling unggul dibanding yang lain di kelasnya dengan PSU Seasonic PRIME Titanium 650W. Kualitas daya yang disuplai benar-benar jauh diatas rata-rata produk sejenis, sangat cocok untuk pasar enthusiast yang membutuhkan PSU yang sanggup mentenagai sistem medium dengan kartu VGA dual SLI. Seasonic seri PRIME sendiri benar-benar menunjukkan kemampuan engineer Seasonic dalam merancang produk berkualitas tinggi yang mampu memimpin pasar. Jaminan garansinya sendiri yang mencapai 10 tahun menunjukkan kemampuan dan kepercayaan diri dari Seasonic dalam mendesain produk dengan kualitas terbaik. Masa jaminan garansi tertinggi untuk produk PSU di pasaran.

Desain bagian internal Seasonic PRIME Titanium 650W sangat fantastis. Seasonic mampu merancang desain koneksi bebas kabel atau cable free connection dengan mengadopsi lempengan tembaga yang terhubung pada papan sirkuit PCB utama pada panel bagian belakang untuk meningkatkan reliabilitas dan mengoptimalkan performa. Mereka juga menanamkan kapasitor primer dan sekunder Chemi Con 105c berkualitas wahid buatan Jepang.

Secara teknis sulit sekali menemukan kelemahan PSU Seasonic PRIME Titanium 650W ini. Unit PSU dengan grade Titanium ini mampu beroperasi melampaui beban daya maksimal dengan peredaman riak arus AC yang sangat bagus. Suplai dayangnya sangat luar biasa efisien dan maksimal, tim penguji mampu mempertahankan beban daya mendekati 780 Watt pada rentang waktu tertentu tanpa menimbulkan masalah. Suplai daya yang melampaui batas spesifikasi memang sudah menjadi ciri khas Seasonic selama ini, dan terbukti tidak berubah hingga produk terbaru ini.

Seasonic PRIME Titanium family ini memang diperuntukkan bagi segmen enthusiast atau gamer berkocek tebal yang meyakini bahwa komponen hardware terbaik harus didukung oleh penyuplai daya berkualitas terbaik juga.

Di Indonesia sendiri produk PSU Seasonic ini bisa didapatkan melalui Dinamika Perkasa Jaya selaku distributor resmi.

Dikutip dan diringkas dari KitGuru

In this article

Join the Conversation

2 comments

  1. Makna Di Balik Logo "80 PLUS" Pada PSU Komputer - Informasi Hardware, Gadget , TIps dan Trik Balas

    […] dan membantu mereduksi panas pada komponen PC. Contoh: EVGA Seri P2, Seasonic PRIME Platinum, Seasonic Titanium, Seasonic Snow Silent dan Andyson […]

  2. Review Seasonic PRIME Titanium 750 - Informasi Hardware, Gadget , TIps dan Trik Balas

    […] sebelumnya kami membahas Seasonic PRIME Titanium 850 dan 650, kali ini kami akan melengkapinya dengan pembahasan seri PRIME Titanium […]


Lewat ke baris perkakas