Review Andyson Platinum R 1200W, PSU Kelas 1000+ Watt Grade 80 PLUS Platinum Dengan Harga Berbanding Performa Yang Fantastis

Setelah kemarin kita review PSU Andyson H6 600 GOLD dan Andyson N700 TITANIUM, kali ini kita akan membahas PSU segmen 80 PLUS PLATINUM di kelas 1000+ Watt yaitu...

574 0
574 0

Setelah kemarin kita review PSU Andyson H6 600 GOLD dan Andyson N700 TITANIUM, kali ini kita akan membahas PSU segmen 80 PLUS PLATINUM di kelas 1000+ Watt yaitu Andyson Platinum R 1200W. PSU ini menempati kasta suplai daya tertinggi dari Andyson, PSU 1200 Watt ini sanggup menyuplai sistem high-end seperti apapun sekaligus menawarkan efisiensi dan stabilitas tinggi.

Andyson sendiri merupakan salah satu dari sedikit pabrikan PSU berkualitas tinggi sebagaimana Super Flower, namanya memang kurang terdengar bagi sebagian besar kalangan karena Andyson sendiri justru memproduksi produk-produk PSU berkualitas tinggi untuk berbagai merk ternama.

Desain Kemasan Dan Fisik

Andyson Platinum R 1200W terbungkus dengan box kardus yang berdesain simpel, lebih simpel dibanding unit H6 dan N700. Saya pribadi lebih suka desain box-nya Platinum R 1200 dibanding N700 Titanium yang terkesan norak. Pada bagian belakang box-nya tercantum tabel-tabel dan daftar fitur spesifikasi PSU ini, sangat informatif dan mungkin membingungkan bagi pengguna awam.

Fitur PSU ini sendiri cukup lengkap dan sangat lumrah ditemui PSU modern seperti kontrol kecepatan kipas pendingin, kapasitor polymer, dan PFC aktif, namun masih belum memiliki mode semi-fanless (tidak masalah sebenarnya). Fitur mode semi-fanless sendiri sebenarnya tidak banyak digunakan mengingat mengorbankan kemampuan pendinginan dan banyak pengguna yang merasa tidak begitu terganggu dengan suara putar kipas PSU yang sebenarnya tidak berisik.

Di dalam box kemasan Andyson Platinum R 1200W terdapat unit PSU, sebuah buku panduan, sekantong kabel, sebuah gasket silikon, beberapa ikat kabel velcro, dua jenis ikat zip, dan dua set baut. Silikon gasketnya bisa dipasang ketika meletakkan unit PSU pada casing untuk meredam getaran dari putaran kipas sehingga bisa sedikit meredam suaranya.

Unit PSU-nya sendiri berwarna hitam matte. Pada bagian bawahnya terdapat label berupa tabel spesifikasi PSU-nya.

Andyson Platinum R 1200W sendiri berdesain kabel full-modular, tidak seperti varian H6 Gold dan N700 Titanium yang hanya semi-modular. Walau ada beberapa port yang sekilas tampak sama, namun seluruh konektornya didesain berbeda sehingga tidak kompatibel dan tidak menimbulkan salah pemasangan.

Di dalam tas kabelnya terdapat kabel yang cukup komplit, termasuk kabel power. Kabel ATX12V-nya sendiri memiliki ekstra kabel vsense yang yang bisa dipasangkan pada konekstor 6-pin auxiliary. Kabel konektor motherboardnya juga dilengkapi kapasitor untuk membantu menekan riak tegangan. Kapasitor tersebut memang benar-benar membantu menekan riak tegangan, mulai banyak PSU kelas high-end yang mengadopsi kabel berkapasitor tersebut.

Seluruh kabel konektor PCIe Andyson Platinum R 1200W memiliki kapasitor, dengan total port PCIe 10 koneksi sekaligus yang bagus untuk sistem PC crypto-mining. Andyson menyediakan banyak kabel SATA dalam paketnya, namun tidak ada kabel SATA+Molex sekaligus. Kabel Molex-nya sendiri hanya tersedia dua buah dan salah satunya memiliki konekstor 3,5″ Floppy. Seluruh kabelnya sendiri cukup panjang sehingga sangat cocok untuk casing ukuran besar atau custom casing bikinan sendiri.

Komponen Internal

Ketika membuka casing unit Andyson Platinum R 1200W, komponen internal yang pertama kali ditemui adalah sistem pendingin berupa kipas ball bearing ADN512DB-A91 berdiameter 135 mm.

 

Banyaknya ruang kosong dalam casing dan sistem sirkuitnya yang nirkabel sangat bagus untuk aliran udara sehingga membantu memaksimalkan liran udara untuk disipasi panas. Kualitas solderan papan sirkuit PCB-nya sangat rapi dan bersih.

Daftar komponen Andyson Platinum R 1200W:

  • Kontroler PWM CM6901, proteksi IC PS223, dan Si8230BD
  • Filtering dengan 4 kapasitor Y, 2 kapasitor X, 2 lilitan kawat, dan sebuah dioda TVS.
  • Kapasitor utama buatan Nippon Chemi-Con, yang masih memiliki sisa ruang kosong untuk tambahan 1 kapasitor. Hal ini menunjukkan bahwa pihak Andyson menyiapkan platform PSU ini untuk versi 1500W.
  • Heatsink PFC dengan sebuah dioda and dua 5R140P
  • Switch utama 4 buah 26NM60N
  • 8 penyuplai output 12V, Infineon IPP015N04G
  • Kontroler APW7073 dan 86350D
  • Kapasitor lain dari Teapo, Nippon Chemi-Con dan Kingcom

Walau kapasitornya tidak 100% dari jepang, namun kapasitor untuk komponen intinya masih 100% menggunakan buatan Jepang. Sebenarnya tidak menjadi masalah karena teknologi dan kualitas kapasitor polymer buatan lain juga semakin baik.

Pengujian

Pengujian Andyson Platinum R 1200W dimulai dari beban standby.

Hasil pengujian standby menunjukkan tingkat efisiensi yang bagus di atas rata-rata yaitu di sekitar 80%. Regulasi bebannya juga sangat kecil hingga mampu menekan hingga di bawah 2,1% dari total kapasitas daya. Pada beban rendah 10% tingkat efisiensinya mencepai 83,6%, agak sedikit kurang untuk ukuran PSU Platinum, namun tidak menjadi masalah karena efisiensi optimal bukan di beban rendah.

Pada pengujian tegangan overshoot, hasilnya sangat fantastis, bahkan bisa dibilang sempurna. Tidak ada masalah pada spike tegangan, tegangan negatif dan lain sebagainya. Benar-benar bagus.

Hasil pengujian beban Andyson Platinum R 1200W benar-benar menunjukkan tingkat efisiensi kelas Platinum sebagaimana yang dijanjikan. Seluruh pengujian ini dilakukan pada suhu lingkungan sekitar empat puluhan derajat Celcius dimana suhu ini merupakan suhu yang wajar di dalam kotak CPU. Pada pengujian tegangan tampak bahwa nilai fluktuasinya hanya sekitar 0,9% pada rail 3,3V, 0% pada rail 5V dan 0,3% pada rail 12V dengan rata-rata hanya 0,4%, sangat stabil sekali.

Riak tegangan seluruh rail menujukkan hasil yang sangat bagus dan stabil, pada -12V hanya mencapai 50mV, dan selebihnya mencapai 1 digit saja. Sungguh sangat stabil dan fantastis.

Kesimpulan

Andyson Platinum R 1200W secara umum menunjukkan performa yang sangat luar biasa dan super stabil dengan fluktuasi tegangan hanya 0,4%. Efisiensinya sendiri memang benar-benar tergolong dalam kelas Platinum dalam kondisi variasi beban berapapun. Riak tegangannya juga sangat kecil dan bagus, sehingga sangat stabil. Bisa dibilang performanya kelas premium.

Sistem kabel Andyson Platinum R 1200W sendiri juga sudah full modular, kabelnya konektornya sendiri tergolong kualitas bagus dan sudah dilengkapi dengan kapasitor yang tentu saja menjadi nilai lebih dari PSU ini. Kualitas fisiknya juga sangat bagus dan solderannya rapi, setara dengan grade Platinum lainnya.

Dari segi nilai ekonomis, Andyson Platinum R 1200W adalah PSU kelas 1000+ Watt TERMURAH yang pernah kami ketahui. Harganya di bawah 2 jutaan lebih tepatnya sekitar 1,7 juta rupiah..!!! Sedangkan PSU lain yang dayanya sekelasnya berada pada harga diatas 3 jutaan, itupun masih Gold. Bagi yang memiliki rencana untuk membuat sistem powerful namun budget masih pas-pasan, ada baiknya menginvestasikan PSU ini terlebih dahulu.

Andyson Platinum R 1200W dijamin dengan garansi 3 tahun yang sudah sangat cukup, walau produk sekelas lainnya bisa mencapai 5 tahun atau lebih, namun bukan menjadi masalah yang serius, karena kualitas komponennya sendiri setara dengan brand lain yang bergaransi lebih panjang.

Andyson Platinum R 1200W

PLUS

MINUS

  • Stabilitas tegangan super fantastis

Tidak ada

  • Bisa dibilang hampir tidak ada riak tegangan
  • Konektor PCIe melimpah
  • Kualitas berbanding harga yang FANTASTIS

Produk Andyson di Indonesia bisa didapatkan melalui DPJ Indonesia selaku distributor resmi.

Sumber 1 / Sumber 2

 

 

In this article

Join the Conversation


Lewat ke baris perkakas