Review Andyson N700, PSU Grade Titanium 700 Watt Dengan Budget Ekonomis

Titanium adalah kasta tertinggi dalam standar efisiensi PSU 80 PLUS. Standar efisiensi merupakan puncak dari teknologi dan performa komponen PSU. Tipe PSU berstandar ini dibanderol pada harga yang...

563 1
563 1

Titanium adalah kasta tertinggi dalam standar efisiensi PSU 80 PLUS. Standar efisiensi merupakan puncak dari teknologi dan performa komponen PSU. Tipe PSU berstandar ini dibanderol pada harga yang tidak bisa dibilang ekonomis, sehingga PSU ini disarankan untuk sistem PC yang memang high-end atau sistem yang mensyaratkan reliabilitas dan efisiensi tinggi. Sebagian PSU kelas Titanium diantaranya seri EVGA T2, Seasonic PRIME Titanium, dan Andyson N series. Pada artikel ini akan dibahas review salah satu produk kelas 80 PLUS Titanium dari merk PSU kawakan, Andyson N700 Titanium 700 Watt.

Desain kemasan dan fisik

Desain box kardusnya sendiri cukup sederhana, dengan tabel spesifikasi, daftar fitur dan foto-foto konektor daya yang cukup bagus untuk PSU 700W. Arus output 5VSB berada di bawah normal 2,5A. Mayoritas suplai daya berada pada tegangan 12V dimana sudah menjadi standar PC desktop modern. Namun tentu saja pertanyaannya apakah PSU ini sanggup menyuplai daya yang stabil dan efisiensi tinggi pada kondisi suhu yang wajar.

Andyson N700 Titanium ini dilengkapi Universal AC Input, dengan demikian PSU ini dilengkapi PFC aktif dimana sertifikasi Titanium mensyaratkan fitur tersebut. PSU ini sendiri masih berupa semi-modular, namun alangkah baiknya jika dibuat full modular. Kapasitornya sendiri sudah menggunakan polymer kualitas tinggi buatan Jepang dimana sudah bukan hal yang asing lagi produk PSU high-end.

Di dalam box kemasan Andyson N700 terdapat unit PSU, sebuah tas berisi kabel dan aksesoris, dan buku panduan. Panduan di dalam bukunya cukup komplit. Dalam buku tertera bahwa temperatur maksimal untuk mendapatkan efisiensi maksimal yaitu 40 derajat Celcius, cukup wajar.

Casing PSU ini terbalut warna hitam matte yang simple dan elegan, namun standar pada PSU.

Pada tabel beban daya tampak bahwa pada rail 12V memiliki rating yang tinggi disebabkan oleh penggunakan Voltage Regulator Module (VRM) yang langsung disalurkan dari 12V rail untuk menyuplai rail 3,3V dan 5V. Hampir seluruh PSU high-end menggunakan metode tersebut.

Pada panel port dan kabel Andyson N700, terdapat 3 buah port konektor SATA/peripheral dan 1 buah konektor PCIe 6+2. Pada bagian kabel permanen terdapat port Motherboard, ATX12V 4+4 dan 2 port PCIe 6+2, terlalu banyak kabel permanen untuk ukuran PSU 700W Titanium. Walau sama-sama semi modular dengan Andyson H6 600, namun sayangnya unit ini justru kalah modular dibanding Andyson H6 600 yang sudah kami review sebelumnya. Dimana kabel permanen H6 600 hanya untuk Motherboard dan ATX12V, sedangkan selebihnya modular.

Andyson menyediakan aksesoris dan kabel yang cukup melimpah dan komplit pada tas kabelnya, bahkan kabel powernya berkualitas sangat bagus dan mampu menghandle PSU 1500 Watts sekalipun. Selain itu Andyson N700 Titanium juga dilengkapi baut dan ikat kabel yang melimpah yang bisa disimpan untuk cadangan sekalipun. PSU ini juga dilengkapi sebauh kabel molex dengan 4 konektor yang cukup untuk sistem pendingin tambahan pada casing.

Komponen Internal

Komponen yang ditemui pertama kali ketika dibuka adalah kipas, Andyson N700 menggunakan kipas ball bearing yang sama dengan unit PSU 1200W Platinum-nya.

Kualitas solderannya terlihat sangat bagus dan bersih.

Komponen:

  • Output 12V, BSC010N04LSI
  • Kontroler PWM CM6901
  • PS223 protection chip
  • Si8230BD isodriver chip
  • dioda TVS, two gulungan, 2 kapasitor Y, dan 2 kapasitor X
  • Aktif PFC CM6502
  • switch 5R140P
  • Kapasitor polymer buatan Jepang, Nippon Chemi-Con dan Teapo
  • VRM (Voltage Regulator Module) menggunakan APW7073 yang dipasangkan dengan 86350D
  • GBU15L06 bridge rectifier yang dipasangkan pada PFC heatsing bersama dengan switch 5R140P

 

Pengujian

Pengujian Andyson N700 dimulai pada beban ketika standy. dimana hasilnya menunjukkan performa yang luar biasa. Seluruh pengujian menembus efisiensi lebih dari 80%. Andyson mendesain PSU ini dengan sangat baik. Fluktuasi tegangannya juga di bawah 1%, cukup fantastis. Pengujian dilakukan pada suhu ruangan sekitar 30-40an derajat Celcius, karena umumnya bagian dalam casing PSU berada pada suhu demikian.

Sertifikasi Titanium mensyaratkan pengukuran beban 10%. Sayangnya Andyson N700 belum bisa melampaui 90%, namun hampir menyentuh angka 90% dengan margin yang sangat sedikit. Titanium juga mensyaratkan faktor daya sebesar 0,95 atau lebih pada beban daya 20%.

Pada pengujian 10% kedua masih tampak bahwa Andyson N700 masih belum menyentuh angka efisiensi 90%, namun semakin mendekati di bawah 1%. dengan koreksi error 1% maka dapat dikatakan bahwa sudah menyentuh nilai 90%. Andyson N700 bahkan mampu mencapai efisiensi optimal tanpa masalah pada suhu ruangan hingga 40 derajat Celcius.

Pada rail tegangan 3,3V tampak variasi tegangan sebesar 1,5%, sedangkan pada tegangan 5V menghasilkan variasi tegangan sebesar 0,8%. Namun untuk 12V mencapai hasil yang cukup fantastis hanya 0,7% saja. Jika dirata-rata maka variasi tegangannya masuk dalam kategori 1%, dimana sudah sangat bagus dan pantas mendapatkan sertifikasi Titanium.

Andyson N700 menghasilkan riak tegangan yang sangat baik dan halus. Pada rail 12V tidak pernah menembus 25mV, sedangkan pada 3,3V dan 5V selalu di bawah 20mV.

Selama pengujian, kipasnya tidak terdengar berisik dan tidak mengeluarkan panas secara berlebihan. Sehingga bisa dikatakan sistem pendinginnya bekerja dengan sangat baik namun tetap tenang.

Kesimpulan

Secara performa, Andyson N700 secara keseluruhan menunjukkan performa sangat fantastis walaupun sedikit ada kelemahan pada beban daya rendah 10%. Performa VRM-nya juga luar biasa bagus sehingga riak tegangannya sangat stabil dan nilai fluktuasinya sangat kecil. Desainnya menggunakan konsep semi modular namun tetap memberikan berbagai fitur mdlaritas dan pilihan kabel yang melimpah sehingga bisa digunakan untuk sistem multi-GPU SLI/CF sekalipun. Pilihan aksesorisnya juga melimpah dan melebihi kebutuhan sehingga bisa digunakan sebagai cadangan.

Andyson N700 adalah PSU grade Titanium kelas 700W paling ekonomis di pasaran, namun dengan kualitas yang tidak bisa dikatakn remeh. Bahkan banderolnya sendiri bisa menyentuh PSU grade Platinum di kelas daya yang setara. Build quality-nya sangat bagus dan wajar untuk PSU grade Titanium.

 

Andyson N700 Titanium 700W

PLUS

MINUS

  • Efisiensi TITANIUM
  • Semi-Modular
  • Kinerja VRM sangat bagus
  • Harga Ekonomis di kelasnya
  • Kualitas fisik yang bagus

Secara umum Andyson N700 sudah sangat bagus dan ekonomis, namun lebih baik lagi jika menggunakan desain full modular.

Andyson N700 Titanium sudah tersedia di pasaran Indonesia dengan banderol 2 jutaan rupiah.

Sumber

 

 

 

 

 

 

 

In this article

Join the Conversation

1 comment

  1. Review PSU Andyson H6 600W 80 PLUS Gold - Informasi Hardware, Gadget , TIps dan Trik Balas

    […] seperti Andyson seri N7, H6 600W dilengkapi dengan 1 relay untuk mengurangi hilangnya energi pada NTC melalui panas. NTC […]


Lewat ke baris perkakas