Power Supply Seasonic yang Handal di Kelasnya, Seasonic M12II-520 EVO dan FOCUS Plus 550 Gold

Produk power supply untuk keperluan membangun sebuah perangkat komputer atau PC sangatlah beragam. Kebutuhan akan tipe dan spesifikasi perangkat PC menjadi salah satu alasan mengapa ada pula begitu...

37 0
37 0

Produk power supply untuk keperluan membangun sebuah perangkat komputer atau PC sangatlah beragam. Kebutuhan akan tipe dan spesifikasi perangkat PC menjadi salah satu alasan mengapa ada pula begitu banyak pilihan produk power supply yang ada. Seasonic merupakan salah satu produsen unit power supply terkemuka yang menjadi salah satu pemimpin pasar saat ini.

Ada begitu banyak seri dan varian produk dengan berbagai spesifikasi teknis yang dapat menjadi pilihan untuk membangun perangkat PC dengan kebutuhan atau spesifikasi tertentu pula. Berikut ini beberapa produk power supply Seasonic yang dapat menjadi pilihan handal untuk membangun perangkat komputer dengan spesifikasi beragam untuk berbagai keperluan.

Seasonic M12II-520 EVO

Produk Seasonic M12II-520 EVO dapat dikatakan sebagai salah satu produk legendaris dari pabrikan asal Amerika Serikat tersebut. Perangkat power supply ini sangat populer dan mungkin merupakan salah satu yang paling populer berkat perpaduan antara kehandalannya dan harga yang ekonomis. Perangkat ini merupakan salah satu perangkat power supply yang dilengkapi dengan sistem pengendali kecepatan putaran kipas pendingin.

Keberadaan sebuah sensor panas di dalam perangkat M12II-520 EVO membuat suhu di perangkat tersebut selalu dimonitor dan disesuaikan dengan kecepatan kipas pendingin yang terpasang. Kemudian kipas akan menyesuaikan kecepatan putaran yang paling efisien sesuai dengan kebutuhan. Kelebihan tersebut berdampak pada konsumsi energi yang lebih hemat dan juga tingkat kebisingan yang mampu ditekan. Kelebihan lain ada pada desain tata letak kabel yang praktis; sebuah keuntungan karena mengurangi jumlah kabel tidak berguna yang memenuhi sebuah casing komputer.

M12II-520 EVO bekerja di tegangan 100V hingga 240V, 9 Ampere dengan frekuensi 50 – 60 Hz. Meski hanya menyandang sertifikasi Bronze; namun M12II-520 EVO merupakan produk yang sangat handal. Desain kabel modular membuat perangkat power supply ini lebih praktis dan juga lebih aman. Resiko penurunan tegangan dan impedansi rendah menjadi berkurang sekaligus mengurangi resistensi atau hambatan. M12II-520 EVO menggunakan kipas berukuran 120mm dan menggunakan pengontrol kipas Seasonis S2FC yang mampu bekerja dalam mode hening dan mode pendinginan. Perangkat power supplu ini dapat digunakan untuk Intel ATX 12V atau yang kompatibel dengan form factor tersebut.

Seasonic FOCUS Plus 550 Gold

Sementara itu kebutuhan power supply dengan grade lebih tinggi dapat menggunakan produk Seasonic FOCUS Plus 550 Gold. Layaknya produk Seasonic lain; FOCUS Plus 550 Gold memiliki desain sederhana dan praktis dengan menawarkan kinerja efisien serta handal. Desain terminal kabel modular membuat perangkat power supply ini lebih mudah dirangkai dan mampu mengurangi jumlah kabel tidak terpakai di dalam sebuah rangka atau casing komputer. Teknologi pengendali kipas hibrid menghasilkan sebuah power supply yang tidak berisik dengan tetap menjaga stabilitas suhu.

Kipas tipe Fluid Dynamic Bearing berukuran 120mm akan bekerja dalam 3 mode berdasarkan suhu perangkat tersebut. Ketiga mode operasi kipas tersebut berupa kode tanpa kipas, mode hening dan mode pendinginan. Kipas akan berhenti secara otomatis ketika tidak dibutuhkan dan akan berputar sesuai dengan kebutuhan berdasar sensor panas pada perangkat power supply. FOCUS Plus 550 Gold bekerja di rentang voltase 100 hingga 240V dengan arus 8 – 4 Ampere dan frekuensi 50Hz – 60Hz. Sertifikasi Gold menjamin efisiensi energi dan juga kinerja yang optimal dengan jaminan efisiensi lebih tinggi dari 87% saat beroperasi pada tingkat 20%, 90% pada tingkat operasi 50% dan 87% pada tingkat operasi 100%.

In this article

Join the Conversation


Lewat ke baris perkakas