Pin Folder Favorit Anda Pada Start Menu (Tips Windows 10)

Jika anda ingin akses cepat ke folder penting atau favorit anda. Anda dapat melakukan pin segala folder apapun pada Start Menu dengan klik kanan nama folder pada File...

262 0
262 0

Jika anda ingin akses cepat ke folder penting atau favorit anda. Anda dapat melakukan pin segala folder apapun pada Start Menu dengan klik kanan nama folder pada File Explorer dan klik Pin To Start. Anda juga bisa men-drag folder dari jendela File Explorer dan drop folder tersebut pada ikon File Explorer pada Taskbar, yang akan menambahkan folder tersebut pada Jump List.

Namun ada cara alternatif yang lebih elegan untuk membuat shortcut yang juga sama-sama cepat diakses namun letaknya pada sisi kiri Start Menu, tepat di atas tombol Start. Pada setelan awalnya tumpukan ikon kecil ini terdiri dari File Explorer, Settings, dan Power. Di atasnya lagi masih ada ruang kosong yang tidak berarti tanpa sebab, ternyata di situ masih bisa diisi lagi oleh beberapa shortcut bermanfaat. Shortcut model ini bisa menjadi tambahan pilihan shortcut atau bisa menjadi pengganti shortcut pada Taskbar yang jika terlalu banyak maka tampilan desktop anda akan terasa sumpek dan kurang enak dipandang.

Menu penyetelan shortcut untuk area tersebut memang cukup tersembunyi, terletak di dalam menu Settings. Caranya:

  1. Klik Start Menu, klik menu Settings > Personalization > Start.
  2. Klik Choose which folders appear on Start untuk membuka daftar 10 pilihan shortcut, masing-masing memiliki tombol ON/OFF.
  3. Klik tombol pada posisi ON pada pilihan shortcut folder yang ingin anda tampilkan.

Selain File Explorer dan Settings, ada lima pilihan folder default dari user profile windows anda: Document, Downloads, Music, Pictures, dan Video. Anda juga dapat menampilkan folder HomeGroup, folder yang saling dibagi diantara anggota grup user/komputer, jika anda menggunakan fitur tersebut. Namun kebanyakan power user menggunakan folder Network yang juga tersedia pada pilihan tersebut.

Pada bagian paling bawah daftar tersebut adalah Personal Folder, dimana shortcut tersebut langsung membuka seluruh folder pada user profile anda. Perlu anda ketahui bahwa fitur dan tips ini hanya berlaku pada Windows 10 Anniversary Edition (Build Version 1607), untuk Windows 10 versi sebelumnya belum dilengkapi fitur tersebut.

In this article

Join the Conversation


Lewat ke baris perkakas