Pasar Tablet Global Cenderung Semakin Terpuruk

Pasar tablet Internasional terus cenderung menurun ketika berbagai vendor hanya mampu mengirimkan 43 juta unit tablet ke pasaran pada kuartal ke-3 2016. Menurut IDC (International Data Corporation) Worldwide...

280 0
280 0

Pasar tablet Internasional terus cenderung menurun ketika berbagai vendor hanya mampu mengirimkan 43 juta unit tablet ke pasaran pada kuartal ke-3 2016. Menurut IDC (International Data Corporation) Worldwide Quarterly Tablet Tracker, pasar tablet tiap tahun menurun sebesar 14,7%. Walau setiap tahun cenderung menurun, namun pengiriman pada kuartal ke-3 2016 meningkat 9,8% dibanding kuartal sebelumnya karena persiapan musim belanja liburan di beberapa negara.

Tablet hybrid model keyboard bongkar pasang atau disebut dengan detachable kelas murah (di bawah 200 USD) mencapai peningkatan tertinggi karena mulai banyak vendor bermain pada segmen tersebut. Jitesh Ubrani, analis senior IDC Worldwide Quarterly Mobile Device Trackers menyatakan bahwa kebanyakan tablet detachable murah juga memberikan kualitas dan pengalaman komputasi yang tergolong murahan juga. Jitesh Ubrani juga menambahkan bahwa tablet detachable hanya dilihat sebagai produk murah yang sekali pakai dan mudah dibuang, masih jauh jika disebut pengganti komputer PC.

Apple sendiri masih menguasai pasar tablet, walaupun demikian pada kuartal ketiga 2016 perusahaan berlogo buah apel kroak tersebut hanya mampu mengirimkan 9,3 juta unit atau menurun 6,2% dibanding kuartal yang sama pada tahun sebelumnya. Tablet Samsung dan Lenovo lebih terpuruk lagi penurunannya sebesar -19.3% dan -10.8%, produsen sisanya lebih parah lagi penurunannya hingga hampir 30%. Hanya Huawei dan Amazon saja yang meningkat, itu pun tetap tidak dapat membantu mengatrol pasar tablet.

Bagaimanapun juga tren pasar tablet akan terus menurun dan semakin terpuruk hingga mencapai titik saturasi, disebabkan karena tablet hanya mampu menggantikan sebagian kecil dari fungsi komputer PC. Sebab lainnya yaitu semakin kaburnya dikotomi antara smartphone dengan tablet, belakangan ini smartphone berkembang lebih cepat dan lebih powerful dibanding tablet. Hal tersebut menjadikan pengguna tablet bisa menggantikan fungsinya pada smartphone dan kembali kepada PC.

In this article

Join the Conversation


Lewat ke baris perkakas