Pasar PC Gaming Dunia Menembus Nilai 400 Trilyun Rupiah Untuk Pertama Kalinya

Beberapa waktu belakangan banyak beredar kabar bahwa pasar PC gaming sedang terpuruk. Namun pada hasil riset pasar oleh analis dari Jon Peddie Research (JPR), ternyata pasar hardware PC Gaming...

397 1
397 1

Beberapa waktu belakangan banyak beredar kabar bahwa pasar PC gaming sedang terpuruk. Namun pada hasil riset pasar oleh analis dari Jon Peddie Research (JPR), ternyata pasar hardware PC Gaming dunia pada 2016 justru menembus nilai 30 milyar USD atau sekitar 400 trilyun Rupiah untuk pertama kalinya.

JPR mengamati lokasi pertumbuhan pasarnya dan jenis hardware yang paling banyak dibeli. Wilayah Asia-Pasifik terlihat mengalami pertumbuhan paling signifikan, sementara Eropa Barat dan Amerika Utara mengalami pertumbuhan pada segmen hardware high-end. JPR menghubungkan pertumbuhan pasar Asia-Pasifik dengan kurangnya daya tarik konsol game dan kultur PC gaming yang sudah mengakar kuat di wilayah tersebut.

Hardware PC gaming kelas high-end menyumbang sebagian besar dari totla nilai pasar tersebut hingga mencapai 13 milyar USD pada 2016, dimana hardware kelas mainstream mencetak nilai 10,6 milyar USD, dan diikuti dengan hardware kelas entry-level yang juga mencapai nilai yang tidak bisa dibilang sedikit yaitu 6,7 milyar USD. Menurut JPR, hal ini menunjukkan bahwa permintaan akan hardware kelas high-end masih sangat tinggi dan hasrat pasar barat akan PC gaming mahal masih sangat kuat.

JPRT mencatat bahwa semakin banyak aktifitas dan kebutuhan komputasi harian yang sudah bisa ditangani oleh smartphone, dan PC mengarah kepada peralatan komputasi untuk kebutuhan dan aktifitas yang berat. Semakin lama kebutuhan PC semakin mengarah kepada tujuan performa tinggi dan gaming.

Analis Ted Pollak dari JPR menyatakan bahwa alasan kuat yang menjadi sebab pertumbuhan PC gaming yang juah melebihi harapan adalah kualitas dan pengalaman gaming yang ditawarkan oleh monitor HD dan UHD 4K, serta kontrol yang superior berupa mpuse dan keyboard. Ditambah lagi faktor opsi hardware PC yang membuka peluang secara luas untuk upgrade dan kustomisasi yang jauh lebih baik dibanding sebelumnya. Walau ini merupakan informasi yang biasa saja bagi para PC gamer, namun bagi industri gaming akan sangat berarti terhadap arah investasi mereka dalam mengembangkan produk game.

Informasi terkait produk hardware PC gaming di Indonesia bisa diperoleh pada DPJ salah satu distributor resmi berbagai brand hardware PC terkemuka seperti EVGA, AFOX, Andyson, Seasonic, Sandisk, Seagate, dan lain sebagainya.

Sumber

In this article

Join the Conversation

1 comment

  1. Apple Dan Samsung Mencoba Bangkit Di Tengah Terpuruknya Pasar Tablet - Informasi Hardware, Gadget , TIps dan Trik Balas

    […] smartphone dengan layar besar dan tetap bertahan pada tablet yang sudah dimilikinya. Sementara itu pasar PC desktop 2016 lalu ini justru mencapai titik tertinggi dengan nilai menembus 30 milyar […]


Lewat ke baris perkakas