Pasar PC All-In-One Pada Tahun 2017 Diperkirakan Akan Mengalami Pertumbuhan

Para analis pasar memprediksi bahwa nilai penjualan PC berjenis All-In-One (AIO) akan menanjak pada tahun ini setelah terpuruk selama tiga tahun belakangan ini. Digitimes Research menyatakan bahwa tahun...

326 0
326 0

Para analis pasar memprediksi bahwa nilai penjualan PC berjenis All-In-One (AIO) akan menanjak pada tahun ini setelah terpuruk selama tiga tahun belakangan ini. Digitimes Research menyatakan bahwa tahun 2016 menunjukkan rendahnya permintaan pasar dunia akan PC AIO yang ditunjukkan dengan penurunan jumlah penjualan tahun 2016 sebesar 4,8 persen dibanding tahun sebelumnya yaitu sebanyak 12,11 juta unit saja. Tahun ini merupakan penurunan di tahun ketiga secara berturut-turut yang menunjukkan bahwa minat PC berjenis All-In-One tersita oleh Tablet dan Netbook.

Akan tetapi Digitimes menganalisis bahwa volume pengiriman tahun 2017 ini akan kembali meningkathingga 1,5 persen per tahun yang disebabkan oleh pasar yang semakin stabil. Walau penjualannya menurun, namun persentase pengiriman desktop PC berjenis All-In-One diantara seluruh kelas desktop meningkat dari 10,3 persen pada 2015 menjadi 10,4 persen pada 2016.

Pada dasarnya penurunan pengiriman All-In-One PC lebih kecil dibanding desktop secara keseluruhan yang menurun sebesar 5,3 persen. Menurut Digitimes Research, jumlah pengiriman PC dekstop global pada 2016 mencapai 116,8 juta unit. Namun tampaknya akan ada situasi yang akan mambantu meningkatkan penjualan PC All-In-One termasuk diantaranya prosesor baru yang akan dirilis oleh Intel dan AMD.

Prosesor terbaru yang akan dirilis tersebut diperkirakan akan segera mendorong berbagai perusahaan untuk mengganti perangkat PC All-In-One di lingkungan perkantoran mereka, namun tetap saja tindakan tersebut hanya akan memberi sedikit dampak pada pertumbuhan pasa PC All-In-One. Digitimes memperkirakan persentase pengiriman PC AIO dibanding total pengiriman PC akan meningkat hingga 10,9 persen pada 2017 mengingat pengiriman PC desktop global akan mengalami penurunan pengiriman sebesar 3 persen atau mencapai sekitar 113,3 juta unit, sementara itu PC AIO justru akan mengalami sedikit pertumbuhan pada tahun yang sama. Pada tahun 2018, persentase PC AIO diperkirakan menembus angka 11 persen.

Sumber

In this article

Join the Conversation


Lewat ke baris perkakas