Selama 2016, Nilai Penjualan Game PC Mencapai 4,5 Kali Lipat Game Konsol

Firma riset data pasar game, SuperData, merilis laporan year-in-review tahunannya. Dari laporan tersebut tercatat temuan data yang cukup mengejutkan bahwa penjualan game PC jauh melebihi seluruh penjualan game...

417 0
417 0

Firma riset data pasar game, SuperData, merilis laporan year-in-review tahunannya. Dari laporan tersebut tercatat temuan data yang cukup mengejutkan bahwa penjualan game PC jauh melebihi seluruh penjualan game konsol apapun jenisnya.

Menurut SuperData, total nilai pasar game konsol mencapai 6,6 milyar USD pada 2016, dimana nilai tersebut sangat jauh dan tidak ada apa-apanya dibanding platform game PC yang total pasarnya mencapai 35,8 milyar USD atau hampir 5,5 kali lipatnya. Perbedaan tersebut sangat jauh dan signifikan. Namun tidak hanya PC saja yang jauh melampaui konsol, segmen game mobile pun juga jauh mengungguli konsol.

Nilai pasar game mobile pada 2016 berada di puncak dengan total 40,6 milyar USD. Selain itu masih ada VR dengan 2,7 milyar USD, gaming video (semisal Twitch, dsb) dengan 4,4 milyar USD, dan eSport pada 0,9 milyar USD. Walau nilai game eSport belum mencapai 1 milyar USD, namun pasarnya cenderung berkembang pesat dibanding sebelumnya dan akan terus berkembang ke depannya.

Pada segmen VR, SuperData melaporkan bahwa tidak lebih baik dibanding tahun sebelumnya, hal ini disebabkan oleh mahalnya harga headset VR dan kurangnya konten pendukung VR. Pada kenyatannya juga perangkat VR semisal Oculus Rift dan HTC Vive tidak mudah didapatkan di pasaran, namun SuperData percaya bahwa nantinya produsen hardware elektronik akan mengambil alih pasar headset VR tahun depan. Namun semua prediksi tersebut berpotensi berubah drastis setelah Microsoft merilis Windows 10 Creators Update dan berbagai pabrikan hardware PC merealisasikan janjinya untuk memproduksi headset VR dengan harga terjangkau.

Pasar game PC sendiri sebenarnya masih memiliki posisi yang sangat kuat, dengan selisih jumlah perangkat mobile dengan jumlah PC yang semakin jauh, namun pasar game PC masih bisa menempel pasar game mobile. Hal ini menunjukkan bahwa PC akan terus eksis dan membuktikan bahwa PC masih menjadi platform gaming yang daya minatnya sangat tinggi.

 

 

In this article

Join the Conversation


Lewat ke baris perkakas