Panduan Memilih Monitor Untuk Kebutuhan Kreasi Digital Profesional (Part 2)

Bagi para pelaku bisnis kreatif profesional, pemilihan monitor komputer yang tepat merupakan hal yang cukup krusial. Berbagai pabrikan berlomba-lomba untuk berinovasi dan mendesain monitor komputer yang mampu menampilkan...

502 0
502 0

Bagi para pelaku bisnis kreatif profesional, pemilihan monitor komputer yang tepat merupakan hal yang cukup krusial. Berbagai pabrikan berlomba-lomba untuk berinovasi dan mendesain monitor komputer yang mampu menampilkan warna setajam dan seakurat mungkin, salah satunya adalah BenQ.

Artikel ini merupakan bagian kedua dari seri artikel panduan memilih monitor kelas profesional yang tepat untuk kinerja desain dan kreatif. Pada bagian pertama telah dibahas dasar-dasar dan point utama dalam memilih monitor komputer, diantaranya aspek teknologi, resolusi, dan warna.

Memilih monitor yang tepat untuk desain dan seni

Para kaum kreatif tidak jarang berkreasi pada desain cetak berkualitas tinggi. Standar warna yang perlu dibutuhkan untuk aktivitas tersebut adalah CMYK. Monitor BenQ PG2401PT yang merupakan seri pertama dari BenQ Pro Graphics Series, mampu mendukung rentang warna cetak printing hingga 100%, sekaligus 99% Adobe RGB. Produk tersebut juga dilengkapi fitur 14-bit 3D Look Up Table (LUT) yang mampu meningkatkan reproduksi warna dan greyscale. Monitor BenQ seri PG juga telah memenuhi standar sertifikasi ISO Printing-Industry Colour Certified (G7/Fogra).


BenQ PG2401PT

BenQ SW2700PT yang sudah dibahas pada bagian sebelumnya, yaitu monitor berukuran 27 inch QHD dari BenQ yang khusus ditujukan untuk segmen fotografi. Monitor berteknologi layar IPS dengan densitas piksel mencapai 109 PPI pada resolusi 2560×1440 piksel tersebut mampu menampilkan 99% warna Adobe RGB dan juga sRGB, serta memiliki fitur 14-bit 3D LUT. Sebagian fitur uniknya yaitu mode one-click dengan kemampuan preview foto berwarna pada kondisi hitam-putih sebelum ditambahkan efek. Tidak lupa juga disertakan tudung monitor sebagai aksesorisnya.

Para desiner web/UX biasanya tidak akan membutuhkan monitor dengan kemampuan Adobe RGB, namun yang dibutuhkan adalah kemampuan untuk mendukung 100% sRGB semisal BenQ BL2711U. Video editor yang bekerja dengan siaran HD juga membutuhkan monitor tipe ini pada model 2K QHD yang juga telah mendukung standar warna Rec.709. Monitor ini juga mampu digunakan untuk mendemonstrasikan kreasi pada berbagai person, karena dukungan sudut pandang yang luas pada panel IPS-nya.


BenQ BL2711U

Bagi kebutuhan sudut pandang sangat luas hingga 178° untuk dapat dilihat oleh banyak orang, maka BenQ BL3200PT bisa menjadi pilihan yang tepat. Dengan dimensi layar 32 inch 2K QHD berteknologi IPS 10-bit, maka sangat tepat untuk menampilkan berbagai jenis kreasi digital. Sudah terintegrasi juga dengan mode CAD/CAM dan animasi yang menekankan aspek pada obyek dan model yang sedang dikerjakan untuk detail yang lebih akurat. Mampu mendukung sRGB 100% dan juga mendukung Rec.709 untuk video.


BenQ BL3201PT

Jika menbutuhkan monitor yang lebih besar dan lebar, maka BenQ BL3201PT atau PD3200U yang memiliki resolusi 4K mampu memberikan kemudahan pada kinerja multi-aplikasi atau multi-window secara bersamaan. BenQ PD3200U dari seri Designer Monitor juga menawarkan Darkroom Mode yang mampu menghasilkan setelan optimal untuk kinerja pada lingkungan post-processing yang lebih gelap. Fitur tersebut mampu menyesuaikan brightness dan kontras pada gambar sehingga mampu menghasilkan detail ketajaman dan kejernihan yang tinggi.


BenQ PV3200PT

Untuk kebutuhan post produksi kreasi digital tahap akhir, maka BenQ PV3200PT bisa jadi pilihan yang tepat. Monitor berdimensi 32 inch IPS dengan resolusi 4K UHD dan mampu menampilkan warna Rec.709 100% untuk editing foto dan video. Monitor tersebut juga sudah bersertifikasi Technicolor Color dan mendukung 14-bit 3D LUT, sehingga menjamin akurasi warna sebaik mungkin. Monitor ini juga menjamin kebutuhan performa tinggi dimana faktor brightness, Delta-E dan Gamma curve sangat krusial.

Monitor BenQ sudah tersedia di pasaran Indonesia. Informasi lebih lanjut mengenai produk BenQ bisa menghubungi distributor resminya, Dinamika Perkasa Jaya.

Sumber

In this article

Join the Conversation


Lewat ke baris perkakas