Panduan Memilih Monitor Untuk Kebutuhan Kreasi Digital Profesional (Part 1)

Bagi para pelaku bisnis kreatif di era digital saat ini, dimana resolusi tinggi, tampilan berwarna tajam baik pada gambar statis maupun video, kebutuhan monitor kelas profesional berkualitas tinggi...

1258 1
1258 1

Bagi para pelaku bisnis kreatif di era digital saat ini, dimana resolusi tinggi, tampilan berwarna tajam baik pada gambar statis maupun video, kebutuhan monitor kelas profesional berkualitas tinggi memang suatu hal yang penting. Pada tips dan trik kali ini berisi panduan memilih monitor yang pas untuk kebutuhan desain, fotografi, animasi, seni, dan videografi. Jika mencoba mencari informasi terkait monitor profesional tidak perlu kaget jika menemui istilah semisal IPS, AMVA, sRGB atau QHD.

Pada bagian pertama artikel ini dijelaskan mengenai berbagai faktor yang patut dipertimbangkan untuk memilih monitor profesional, diantaranya Teknologi, Resolusi, dan Warna.

Teknologi

Monitor saat ini kebanyakan berbasis teknologi TFT, bisa berupa LCD maupun LED. Jika ditelisik lebih jauh lagi maka akan ada turunannya semisal IPS yang merupakan panel LCD yang mampu menampilkan warna yang konsisten dan akurat dari berbagai sudut pandang. Selain itu juga ada AMVA yang merupakan panel yang menawarkan rasio kontras sangat tinggi dan warna yang lebih tajam.


Display Panel IPS vs TN vs VA

Ukuran panel adalah aspek yang paling terlihat dan mudah dipahami. Monitor yang ideal untuk desain dan kreasi berukuran antara 24 hingga 27 inch, bahkan ada juga 32 inch yang tentu saja lebih nyaman lagi. Saat ini monitor berukuran besar pun juga semakin tipis dan ramping, ditambah lagi konsumsi dayanya yang makin efisien sehingga faktor konsumsi daya sudah bukan menjadi hal yang perlu dijadikan pertimbangan lagi dalam memilih monitor profesional.

Monitor 32 inch mampu memberikan suasana sinematik yang real bagi kreator video dan animasi, untuk akurasi editing yang lebih baik. Desainer grafis dan web pun juga bisa mendapatkan keuntungan untuk mampu membandingkan tampilan project sekaligus hasilnya secara bersamaan, sehingga bisa memperoleh pengalaman WYSIWYG secara real time. Pada sebagian kecil tipe monitor, salah satunya adalah BenQ BL3201PT Designer Monitor yang memiliki fitur unik Dual Aspect Ratio mampu menyajikan pengalaman desain yang lebih jauh lagi. Fitur tersebut mampu membagi sebuah layar 32 inch menjadi dua tampilan layar virtual berukuran 19 inch dengan rasio aspek 4:3 atau 5:4.


BenQ BL3201PT

Kedalamanan bit warna pada panel monitor juga sangat penting untuk diketahui. Jenis panel 10-bit mampu menghasilkan lebih dari 1 milyar warna, atau 64 kali lipat dibanding warna yang dihasilkan oleh panel 8-bit yang umum saat ini. Kemampuan produksi warna tersebut jelas mampu menghasilkan gradasi warna lebih yang akurat dan halus pada kreasi desain.

Teknologi panel monitor lain diantaranya ‘colur shift free’ dari BenQ yang ditanamkan pada produk monitor AMVA+. Teknologi tersebut mampu menekan perubahan warna dan meningkatkan konsistensi warna serta menghasilkan warna real dari berbagai arah sudut pandang. Teknologi lain yang juga ditanamkan yaitu Flicker-Free dan Low Blue Light yang ditujukan untuk mengurangi lelah mata ketika bekerja dalam waktu lama.

Resolusi

Resolusi merupakan kunci utama dari pemilihan monitor, selain ukuran tentunya. Sebagai kreator dan desainer, maka resolusi monitor yang dibutuhkan minimal 1920×1080 (FullHD/FHD), atau diatasnya lagi semisal Quad HD (QHD) 2560×1440 yang merupakan 4x lipat dari HD 720p.


Resolusi Layar Monitor

Monitor dengan resolusi makin tinggi berarti densitas pikselnya juga makin tinggi yang menggunakan satuan Pixel Per Inch (PPI), sehingga memungkinkan untuk mendesain dengan detail makin tinggi sekaligus menampilkan seluruh tampilan tool pada software desain. Untuk pengalaman desain yang lebih baik lagi, maka sekarang ada opsi monitor resolusi 4K Ultra HD yaitu 3840×2160 atau 4x lipat FHD 1080p.

4K UHD makin menjadi pilihan mainstream untuk video profesional, mengingat konten video UHD makin banyak diadopsi oleh channel video maupun TV streaming. Bahkan jika berkutat di bidang fotografi profesional, monitor 4K mampu memberikan pengalaman editing gambar atau foto pada resolusi yang jauh lebih besar dengan lebih nyaman.

Warna

Reproduksi warna adalah kunci lain untuk menentukan jenis monitor yang dipilih untuk desainer profesional. Kualitas produksi warna monitor diukur dengan colour gamut, yaitu rentang warna dan tingkat kecerahan yang mampu ditampilkan, dimana rentang warna sudah menjadi standar yang digunakan pada berbagai perangkat. Standar baku monitor untuk fotografi, desain grafis dan desain web adalah sRGB, namun untuk mangkomodir warna yang lebih baik dan banyak lagi khususnya untuk fotografi dan videografi maka ada lagi standar yaitu Adobe RGB. Bagi para kreatir dan desainer yang membutuhkan monitor yang mampu menghasilkan warna akurat dan kualitas tinggi, BenQ SW2700PT bisa dijadikan pilihan yang tepat.


BenQ SW2700PT

Bagi para profesional yang berkreasi di bidang siaran TV, maka dibutuhkan monitor yang mendukung rentang warna Rec.709 yang sudah menjadi standar industri HDTV yang mampu menyajikan kualitas warna yang presisi. Bagi para profesional yang berkreasi di bidang konten video dan siaran HDR yang popularitasnya semakin menanjak, maka dukungan warna berstandar Rec.2020 sudah menjadi hal yang mutlak.

Rasio kontras yang merupakan perbandingan tingkat kecerahan antara warna tercerah (putih) dengan warna tergelap (hitam) yang mampu ditampilkan oleh layar monitor, juga harus menjadi pertimbangan pemilihan panel monitor profesional. Semakin tinggi rasio kontras, maka perbedaan antar warna semakin terlihat sehingga semakin baik.

Beberapa produk monitor, salah satunya seri Colour Management Monitor dari BenQ yang disebutkan sebelumnya juga hadir dengan screen hood, atau tudung layar. Walaupun sekilas tampak hanya berupa aksesoris, namun alat penutup tersebut sangat bermanfaat. Cahaya ambient atau cahaya sekitar dan glare tidak jarang mampu mempengaruhi kemampuan untuk melihat dan merasakan warna dari layar monitor. Produk monitor seri SW dari BenQ sudah termasuk dengan tudung layar yang bongkar pasang yang dirancang khusus untuk mengurangi glare dari lingkungan sekitar. Jadi ketika bekerja dalam lingkungan cahaya yang kontras, maka tudung tersebut sangat dibutuhkan.

Monitor BenQ juga sudah tersedia di pasaran Indonesia. Informasi lebih lanjut mengenai produk BenQ bisa menghubungi distributor resminya, Dinamika Perkasa Jaya.

Sumber

 

In this article

Join the Conversation

1 comment

  1. Panduan Memilih Monitor Untuk Kebutuhan Kreasi Digital Profesional (Part 2) - Informasi Hardware, Gadget , TIps dan Trik Balas

    […] seri artikel panduan memilih monitor kelas profesional yang tepat untuk kinerja desain dan kreatif. Pada bagian pertama telah dibahas dasar-dasar dan point utama dalam memilih monitor komputer, diantaranya aspek […]


Lewat ke baris perkakas