Panasonic Berhasil Mengembangkan LCD IPS Pertama Dengan Kontras 1.000.000:1

Panasonic berhasil mengembangkan jenis baru panel IPS liquid crystal yang memiliki perbandingan kontras hingga 1.000.000:1 dan brightness atau tingkat kecerahan maksimal hingga 1000 nits, sedangkan umumnya panel layar IPS...

376 0
376 0

Panasonic berhasil mengembangkan jenis baru panel IPS liquid crystal yang memiliki perbandingan kontras hingga 1.000.000:1 dan brightness atau tingkat kecerahan maksimal hingga 1000 nits, sedangkan umumnya panel layar IPS hanya memiliki rasio kontras 2000:1. Masih belum banyak informasi mengenai teknologi yang digunakan Panasonic hingga saat ini, namun mereka mengklaim bahwa hal tersebut dicapai dengan mengimplementasikan kontrol intensitas backlight pada tiap piksel dan panel IPS yang sudah menggunakan teknologi tersebut dapat diproduksi menggunakan fasilitas produksi LCD yang ada saat ini.

Panasonic berhasil menemukan solusi untuk meningkatkan rasio kontras layar IPS LCD menggunakan backlight dengan tingkat kecerahan tinggi dan sebuah lapisan khusus yang berupa sel-sel modulator cahaya yang mampu mengontrol intensitas backlight pada tiap piksel. Sel-sel tersebut terbuat dari material kristal cair yang toleran cahaya yang memiliki perbedaan sifat-sifat transmisi cahaya dibanding yang terdapat pada sel-sel layar. Lapisan sel-sel modulator cahaya ditempatkan diantara backlight dan sel-sel LCD sehingga mampu mengontrol kebocoran cahaya. Jadi semacam ada katup cahaya pada tiap-tiap piksel.

Penggunaan backlight dengan tingkat kecerahan tinggi dan sebuah lapisan sel-sel modulator cahaya memungkinkan Panasonic untuk membuat panel layar dengan tingkat kecerahan hingga 1000 nits dan juga rasio kontras statis 1.000.000:1. Dengan demikian warna hitam dengan tingkat kegelapan hingga 0,001 nits dapat diproduksi, dimana ini jauh lebih canggih dibanding layar LCD terbaik yang ada saat ini.

Panasonic mengklaim bahwa penambahan lapisan tersebut dapat dilakukan menggunakan peralatan produksi LCD saat ini, namun detailnya masih belum jelas. Raksasa elektronik tersebut berencana menawarkan produk monitor berteknologi baru tersebut pada segmen profesional seperti videografi, fotografi, medis, otomotif dan lain sebagainya. Segmentasi tersebut mengindikasikan bahwa harga monitor IPS berkontras tinggi tersebut akan dilepas ke pasaran dengan harga lebih mahal dibanding monitor mainstream. Panasonic sendiri akan mulai memasarkan monitor LCD IPS tersebut pada 2017.

Sumber 1 dan Sumber 2

In this article

Join the Conversation


Lewat ke baris perkakas