NBASE-T Alliance Akan Meningkatkan Kecepatan LAN Ethernet Hingga 5x Lipat

Hingga saat ini jaringan Ethernet LAN komputer masih bergantung pada jenis kabel Cat.5e dan Cat.6 (panjang maksimal 100 meter) yang masih terbatas pada kecepatan hingga 1 Gb/s. Di...

263 0
263 0

Hingga saat ini jaringan Ethernet LAN komputer masih bergantung pada jenis kabel Cat.5e dan Cat.6 (panjang maksimal 100 meter) yang masih terbatas pada kecepatan hingga 1 Gb/s. Di sisi lain sebenarnya sudah ada standar koneksi 10 Gb/s dimana membutuhkan kabel khusus (Cat.6A atau yang lebih tinggi lagi) yang biasa digunakan pada segmen bisnis dan enterprise. Walaupun koneksi ethernet 10Gb/s (10GBASE-T) telah eksis lebih dari satu dekade, namun biayanya yang mahal dan konsumsi daya menghalagi adopsi pada segmen yang lebih mainstream. Aliansi NBASE-T telah dibentuk untuk mendukung pengembangan bandwith ethernet antara 1 hingga 10 Gb/s pada sistem kabel dan infrastruktur jaringan yang sudah ada.

NBASE-T sendiri menjadi semakin populer karena mampu menjadi sistem penopang bandwith untuk router wifi berstandar terbaru 802.11ac yang secara teori telah melampaui 1 Gb/s. 10GBASE-T sendiri bukan merupakan solusi efektif karena faktor biaya dan konsumsi daya. Hampir seluruh router access point kelas enterprise mendapat suplai daya menggunakan PoE (Power over Ethernet), daya listrik via ethernet. Standar IEEE 802.3af-2003 memungkinkan hingga 12,95 W daya, sedangkan PoE+ (IEEE 802.3at-2009) mampu emnyuplai hingga 25.5 W. Namun sayangnya standar 10GBASE-T saat ini tidak mendukung PoE walaupun sudah mulai dipertimbangkan. Dengan demikian 10GBASE-T bukan menjadi solusi efektif dan universal walaupun bandwidth data-nya sangat cepat. Di sinilah yang membuat perangkat NBASE-T yang menyediakan bandwidth 2,5Gb/s dan 5Gb/s menjadi pilihan yang menarik dan realistis. Sebagian switch atau router ethernet telah mengimplementasikan PoE/PoE+ sehingga bisa menjadi solusi bagi pendukung jaringan router wifi 802.11ac.

Pada akhir september lalu IEEE P 802.3bz 2.4G/5GBASE-T Task Force meratifikasi standar IEEE P802.3bz untuk ethernet yang memungkinkan bandwidth operasional 2,5 Gb/s via kabel standar Cat.5e atau bisa ditingkatkan menjadi 5Gb/s pada kondisi tertentu dan 5Gb/s via kabel standar Cat.6. Semua bandwith tersebut bisa dicapai pada panjang kabel hingga 100 meter, masih sama seperti standar sebelumnya.

Ratifikasi ini menjadi lompatan besar bagi NBASE-T Alliance. Makin banyak muncul produk-produk berbasis 2.5G/5GBASE-T di pasaran sehingga semakin menurunkan biaya dan meningkatkan adopsi pada segmen mainstream. Produk motherboard kelas enthusiast sudah mulai bermunculan menggunakan 10GBASE-T diantaranya ASUS dan ASROCK. Diharapkan NBASE-T akan lebih cepat lagi diadopsi oleh produk motherboard dan switch/router kelas mainstream dalam waktu yang lebih cepat lagi.

In this article

Join the Conversation


Lewat ke baris perkakas