NAND SATA SSD Western Digital dan Sandisk

Western Digital (WD), perusahaan yang bergerak di bidang teknologi penyimpanan data, meluncurkan SSD yang dibuat dengan menggunakan teknologi 64-layer 3D NAND pertama di dunia. WD mengumumkan bahwa SSD...

194 0
194 0

Western Digital (WD), perusahaan yang bergerak di bidang teknologi penyimpanan data, meluncurkan SSD yang dibuat dengan menggunakan teknologi 64-layer 3D NAND pertama di dunia. WD mengumumkan bahwa SSD ini dibuat oleh divisi SanDisk dan kapasitasnya bisa ditingkatkan hingga mencapai 2TB. Peluncuran SSD ini seakan membalas peluncuran produk terbaru SSD NVMe oleh Toshiba yang menggunakan teknologi yang hampir serupa 64-layer BiCS 3D NAND. SSD ini ditargetkan untuk para pengguna laptop, komputer, serta perangkat hybrid 2 in 1. Teknologi 64-layer 3D NAND Flash ini memiliki kapasitas dan performa yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan MLC NAND SSD.

Produk-produk SSD yang menggunakan teknologi 64-Layer 3D NAND ini adalah WD Blue 3D NAND SATA SSD dan SanDisk Ultra 3D SSD. Di website official milik WD ditulis bahwa SanDisk Ultra 3D SSD dirancang untuk para gamer atau para desainer grafis yang ingin mengupgrade sistem komputer atau laptopnya. SanDisk Ultra 3D SSD memiliki ketahanan serta kemampuan yang lebih tinggi. Kelebihan lain yang dimiliki oleh SanDisk Ultra 3D SSD antara lain para pengguna tidak perlu lagi menunggu drive boot-up, waktu loading aplikasi lebih cepat, waktu yang dibutuhkan untuk mentransfer data lebih singkat, tidak cepat panas, suaranya lebih lembut saat beroperasi, dan memiliki resistansi tinggi terhadap getaran dan bantingan sehingga tidak mudah rusak.

Sedangkan WD Blue 3D NAND SATA SSD memiliki target orang-orang yang senang merakit komputernya sendiri, reseller, serta para perakit sistem komputer. WD Blue 3D NAND SATA SSD dikatakan merupakan jawara di industri MTTF 1.75M jam, begitu juga dari segi kualitas yang dibuktikan dengan adanya sertifikasi dari WD Functional Integrity Testing Lab (F.I.T. Lab). Sebagai tambahan, para pengguna WD Blue 3D NAND SATA SSD bisa mengunduh gratis perangkat lunak seperti Acronis® True Image WD Edition dan WD SSD Dashboard yang bisa memonitoring performa drive serta meningkatkan performanya. Selain perangkat lunak pelengkap, pengguna WD Blue 3D NAND SATA SSD juga mengupdate firmwarenya secara gratis.

Produk WD Blue 3D NAND SATA SSD dan SanDisk Ultra 3D SSD akan diluncurkan dalam bentuk kotak standard SATA sebesar 2,5 inchi atau kurang lebih 7 mm dan seukuran permen karet stik M.2.2280. Kedua produk ini tersedia dengan kapasitas beragam yaitu 250GB, 500GB, 1TB, dan 2TB.
Kedua produk dikatakan mampu menembus batas kemampuan interface SATA dengan kemampuan menulis bisa mencapai 530MB/detik dan kemampuan membacanya bisa mencapai 560MB/detik. Garansi yang diberikan hingga mencapai 3 tahun. Harga yang ditawarkan dimulai dari $99.99 yang jika dikurskan ke dalam Rupiah sekitar 1,3 jutaan untuk yang 250GB.

Harga WD Blue 3D NAND SATA SSD dan SanDisk Ultra 3D SSD lebih murah daripada NVMe SSD yang diluncurkan Toshiba namun ternyata performa SSD Toshiba masih lebih tinggi karena bisa menembus kecepatan hingga 3GB/detik. WD Blue 3D NAND SATA SSD dan SanDisk Ultra 3D SSD baru akan resmi diluncurkan pada musim panas 2017. Perusahaan tidak menerima preorder namun para peminat kedua produk ini bisa memberikan alamat email ke perusahaan, dan nanti perusahaan Western Digital akan mengirimkan email jika produk sudah tersedia. WD Blue 3D NAND SATA SSD dan SanDisk Ultra 3D SSD bisa menjadi pilihan utama bagi Anda yang ingin mendapatkan media penyimpanan performa tinggi dengan harga yang lebih terjangkau.

In this article

Join the Conversation


Lewat ke baris perkakas