MSI Z270 Gaming PLUS: Budget Ringan Kualitas Optimal

​ Seringkali ditunggu oleh para gamer di dunia, MSI tak henti-hentinya memanjakan dengan sejumlah seri berkelas dengan pilihan budget yang semakin bersahabat. MSI Z270 Gaming PLUS merupakan salah...

107 0
107 0

​ Seringkali ditunggu oleh para gamer di dunia, MSI tak henti-hentinya memanjakan dengan sejumlah seri berkelas dengan pilihan budget yang semakin bersahabat. MSI Z270 Gaming PLUS merupakan salah satu rilisan terbaik dari perusahaan ini sebagai perluasan atas platform motherboard yang dikhususkan bagi penggemar game di berbagai belahan dunia. Menggunakan chipset Intel Z270, hardware dan spesifikasinya dijamin tak akan mengecewakan.

Konsep yang diusung dalam produk ini adalah apa yang sudah sering digunakan oleh setiap produk motherboard yang menggunakan basis Z270. Penggunaan khusus dari VRM memakai komponen dengan desain 7-phase. Diharapkan penggunaan komponen tersebut mengoptimalkan sistem yang dioperasikan untuk setiap keluaran game terbaru.

Koneksi antara prosesor dan motherboad difasilitasi oleh konektor 8 pin EPS ditambah dengan 24 pin ATX. Dua jenis itu sudah sering dipakai untuk rata-rata motherboard berbasis Intel Z270. Hasilnya adalah keunggulan luar biasa dari proses dan kinerja maksimal yang bisa kamu geber terus menerus selama 24 jam.

Cepat dan Tangguh

Motherboard untuk gaming membutuhkan hardware dengan fitur khusus yang bakal meningkatkan kinerja. Sudah lazim kita pahami pula bahwa kebanyakan gamer pasti menginginkan fitur optimal dengan pemakaian super kencang dan durasi nyaris tak terbatas. Kecepatan proses operasional dari komponen dan hardware di dalam motherboard ini dimungkinkan melalui ketersediaan 4 slot DDR4 DIMM. Optimalkan saja dengan memasang RAM DDR4 sampai 64 GB. Hasilnya akan mewujudkan sebuah pengalaman yang memuaskan karena tak lagi dibuat kesal oleh proses loading yang terkadang lamban di beberapa jenis game terbaru.

Sebagian penggemar game mungkin agak kecewa pada seri ini karena pihak MSI meniadakan fitur pengaturan multigrafis. Sebenarnya sudah ada pilihan slot PCI yang terdiri dari PCI 3.0 x16, dengan kemampuan empat kali kecepatan dan langsung tersambung pada Z270 PCH. Langsung mempercepat koneksi yang biasanya melalui slot, karena sudah diintegrasikan langsung pada prosesor. Ada 6 perangkat penyimpanan yang disediakan dalam produk ini dengan fungsi yang ditunjukkan oleh SATA 6 Gb/s. Selain itu juga tersedia perangkat penyimpanan untuk m.2 32 Gb/s.

USB Port

Dilengkapi lagi oleh delapan port USB 3.05 Gb/s dengan ketersediaan masing-masing 4 panel di header internal dan panel bagian belakang. Kelemahannya baranglali karena tak ada fitur USB 3.0 10 Gb/s atau USB 3.1 Gen 2. Padahal, tipe itu sudah dikenal sangat canggih untuk kecepatan transfer yang ideal. Sementara MSI ternyata masih mengandalkan koneksi jaringan kabel dari Intel. Kekurangan tersebut seharusnya tak jadi ganjalan untuk mempertimbangkan kualitas dan performa unggul yang ditawarkan motherboard ini. Apalagi yang mau memakai IGP dengan prosesor Intel, sudah ada fitur-fitur lengkap semisal D-Sub dan port DVI.

Silakan cek juga kemampuan mengolah suara yang dikerjakan secara profesional dan teliti dengan delapan channel. Dimungkinkan oleh sistem CODEC 90dBA SNR. Hasilnya adalah kualitas suara yang cukup lumayan untuk memberikan efek ketebalan dan berbagai lapisan yang menciptakan pengalaman gaming berkualitas. Bagi yang gemar dengan konsep visual desain selama bermain di CPU, ditambahkan pula fitur LED berwarna merah. Dibandingkan dengan seri kelas atas MSI memang cukup jauh. Tapi yang penting adalah performanya, bukan? Dengan budget yang lebih hemat, kualitas gaming akan tetap semakin optimal. MSI Z270 Gaming PLUS sangat direkomendasikan bagi yang sangat serius mencari motherboard gaming berbandrol terjangkau.

In this article

Join the Conversation


Lewat ke baris perkakas