Motherboard Gaming : MSI B250M PRO CARBON vs MSI H81M-P33

Perangkat Personal Computer atau PC yang dirancang dan dibangun khusus untuk bermain game memiliki kebutuhan tersendiri. Perkembangan dan trend game menjadi salah satu aspek yang mempengaruhi kebutuhan perangkat...

252 0
252 0

Perangkat Personal Computer atau PC yang dirancang dan dibangun khusus untuk bermain game memiliki kebutuhan tersendiri. Perkembangan dan trend game menjadi salah satu aspek yang mempengaruhi kebutuhan perangkat PC untuk keperluan gaming. Sebuah alasan yang kemudian juga mendasari perancangan berbagai perangkat keras untuk memenuhi kebutuhan membangun PC yang ideal untuk kebutuhan bermain game.

Kebutuhan khusus pada perangkat PC untuk keperluan gaming sepertinya menjadi alasan bagi MSI untuk kemudian merancang beberapa produk motherboard yang dibuat khusus untuk memenuhi kebutuhan gamers. Meningkatkan kepuasan dalam bermain game menjadi salah satu tujuan perancangan beberapa jenis motherboard buatan MSI. Penggunaan perangkat keras dengan spesifikasi khusus untuk meningkatkan performa dan ketersediaan fitur khusus untuk memudahkan pemain game mengoperasikan perangkat PC mereka menjadi nilai lebih yang diberikan MSI.

MSI B250M Gaming PRO CARBON merupakan salah satu produk motherboard yang memang didesain untuk memenuhi kebutuhan para gamer. Motherboard tersebut menggunakan Chipset Intel B250 dengan dukungan memori DDR4 2400 / 2133 MHz dengan dua kanal memori. Sebanyak 4 DIMM Slot tersedia di perangkat MSI B250M Gaming PRO CARBON. Sementara kapasitas maksimal memori yang dapat digunakan sebesar 64 Gigabyte. Kebutuhan untuk terhubung dengan jaringan kabel akan dipenuhi dengan terminal LAN 10 / 100 / 1000*1. Sementara terminal USB yang tersedia sebanyak 8 terminal di sisi depan yang terdiri dari terminal USB 3.1 dan 2.0; sementara di sisi belakang terdapat 6 terminal USB 3.1 dan 2.0.

Kebutuhan untuk memperoleh audio berkualitas telah menjadi bagian terintegrasi dari motherboard MSI B250M Gaming PRO CARBON dengan keberadaan terminal audio output di sisi belakang 5 +s/PDIF. Sementara fitur Mystic Light memberi kesempatan bagi pengguna untuk membuat setelan tampilan lampu kustom dengan cara yang sangat mudah. Kebutuhan sistem pendingin di motherboard untuk keperluan bermain game sepertinya menjadi perhatian dari MSI, terdapat cukup banyak header kipas untuk menjaga suhu motherboard tetap stabil. Fitur teknologi yang mendukung kecepatan transfer data menjadi hal lain yang ditawarkan MSI B250M Gaming PRO CARBON. Kecepatan loading yang lebih tinggi serta koneksi cepat menjadi keunggulan penting yang ditawarkan MSI pada motherboard ini.

Sedangkan motherboard MSI H81M-P33 merupakan produk motherboard yang sangat unik. Motherboard ini menggunakan komponen Military Class 4 yang menawarkan performa dan stabilitas tinggi. MSI H81M-P33 juga memiliki kelebihan pada efisiensi konsumsi energi dan juga daya tahan tinggi yang membuat motherboard ini tahan lama dan handal. Terdapat teknologi perlindungan dari kelembaban dan juga suhu tinggi yang ditawarkan MSI berkat teknologi bahan Gen 4 PCB. Proteksi ESD untuk menjaga motherboard dan komponen IC aman dari kerusakan berkat penggunaan fuse atau sekring elektronik. Sedangkan perlindungan EMI membuat pemakai komputer terhindar dari efek buruk perangkat komputer pada pemakaian dalam jangka waktu lama.

MSI H81M-P33 menggunakan chipset Intel H81 Express yang memiliki baseclock 100MHz. Terdapat 2 kanal memori dan 2 slot DIMM yang dapat mendukung penggunaan kartu memori DDR3L dan DDR3 1066 / 1333 / 1600 MHz. Kapasitas maksimal memori yang dapat digunakan pada motherboard MSI H81M-P33 adalah sebesar 16 Gigabyte. Kebutuhan untuk terhubung pada jaringan kabel dapat dipenuhi dengan terminal LAN 10 / 100 / 1000*1. MSI H81M-P33 memiliki 3 terminal audio di sisi belakang dan 1 terminal kartu grafis dengan didukung kapasitas berbagi memori VGA sebesar 1024 Megabyte.

In this article

Join the Conversation


Lewat ke baris perkakas