Monitor Gaming : BenQ XL2430T

BenQ termasuk salah satu pabrikan monitor yang bisa dikatakan cukup serius dalam memperhatikan industri berbasis gaming PC. Mereka sudah membuktikannya dengan cara merilis berbagai macam monitor gaming dengan...

195 0
195 0

BenQ termasuk salah satu pabrikan monitor yang bisa dikatakan cukup serius dalam memperhatikan industri berbasis gaming PC. Mereka sudah membuktikannya dengan cara merilis berbagai macam monitor gaming dengan konsisten. Salah satunya adalah monitor gaming teranyar BenQ, yakni seri XL2430T. Monitor BenQ XL2430T merupakan monitor yang memiliki desain cukup elegan. Monitor yang layarnya berukuran 24 inchi ini memiliki penyangga layar yang berbentuk balok sekaligus berguna mengatur tingkat ketinggian layar.


Di sisi bagian atasnya memiliki rongga sebagai tempat tangan saat diangkat. Di bagian penyangga terdapat sejenis lingkaran, sehingga semakin menambah nilai aspek desain serta meminimalisir beban monitor dengan keseluruhan. Masih pada bagian fisiknya, monitor BenQ XL2430T ini menyediakan gantungan headset di samping kiri. Gantungan tersebut dapat ditarik maupun disimpan ke bagian dalam saat tak digunakan. Perangkat monitor yang memiliki sudut pandang sampai 170 derajat tersebut menyediakan tombol setting di samping kanan belakang.
Terdapat satu aksesoris tambahan pada monitor BenQXL2430T ini yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan profil layar secara maksimal untuk penyimpanan sampai 3 profil pengaturan. Hanya saja, kelemahan monitor gaming besutan BenQ ini yaitu waktu respos untuk tiap tombol saat melakukan penyesuaian dalam kebutuhan visual. Ada jeda waktu cukup terasa ketika menekan tombol hingga pilihan menu pada layar muncul.


Meskipun begitu sebagai monitor gaming kelas premium, seri XL2430T ini mempunyai antarmuka visual cukup lengkap. Perangkat monitor tersebut menampilkan konektor D-Sub yang digunakan pada VGA lawas, Display Port, HDMI, dan DVI-DL. Lalu tidak lupa juga disematkan port USB 3.0, headset dan mikrofon. Untuk keperluan asupan daya sendiri, monitor BenQ XL2430T ini membutuhkan pasokan listrik hingga 50W ketika beroperasi penuh.
Usai mengulas tampilan fisiknya, beralih pada kualitas visual yang ditawarkannya. Monitor BenQ XL2430T memakai panel TN, sebagai panel yang paling cocok untuk kebutuhan gaming dibandingkan panel IPS. Layar monitor BenQ teranyar ini mendukung resolusi Full HD, dan memiliki DCR (Dynamic Contrast Ratio) dengan perbandingan 12.000.000 : 1. Monitor gaming BenQ ini mempunyai fitur khusus, yakni fitur Senseye 3. Dimana teknologi tersebut menjamin tingkat pencahayaan wajar supaya mata pengguna tak mudah lelah ketika bermain game dalam waktu lama.
Di samping itu, monitor gaming BenQ ini sudah didukung oleh refresh rate hingga mencapai 144 Hz. Akan tetapi, teknologi ini termasuk pengembangan pihak BenQ sendiri, dengan begitu tidak bergantung dari kartu grafis dari merek tertentu. Lewat spesifikasi yang disematkan, monitor besutan BenQ ini memiliki proyeksi visual cukup akurat, jika dilihat dari sisi warna ataupun waktu respons monitor tersebut. Pengujian tingkat akurasi warna pastinya dengan memainkan beberapa game. Tak terkecuali warna hitam, dimana biasanya cukup sulit diproyeksikan sepenuhnya oleh monitor, warna hitam tersebut sama seperti ketika monitor sedang dalam keadaan off.
Dengan harga mencapai Rp. 4,8 jutaan, monitor BenQ XL2430T merupakan monitor gaming kelas premium yang cocok dijadikan pilihan. Meskipun harganya terbilang cukup mahal untuk monitor gaming pada umumnya, namun kelebihan dan fitur yang disematkannya masih dapat dijadikan sebagai investasi dalam jangka panjang.
BenQ XL2430T, sebagai monitor generasi teranyar merupakan layar monitor yang khusus untuk solusi pencinta gaming demi memaksimalkan kemampuan para gamer. Diciptakan melalui kontrol yang presisi menawarkan pengalaman gaming dengan cepat tanpa jeda. BenQ XL2430T menawarkan fitur berteknologi Gaming Eye Care sebagai mesin tempur monitor yang didesain dengan sempurna

In this article

Join the Conversation


Lewat ke baris perkakas