Spesifikasi Minimal PC Untuk Virtual Reality Windows 10 Ternyata Sangat Ringan

Microsoft merilis spesifikasi hardware minimal untuk VR pada PC Windows 10 pada pekan lalu di acara WinHEC di Shenzen. Microsoft semakin menunjukkan bahwa mixed reality akan menjadi masa...

619 1
619 1

Microsoft merilis spesifikasi hardware minimal untuk VR pada PC Windows 10 pada pekan lalu di acara WinHEC di Shenzen. Microsoft semakin menunjukkan bahwa mixed reality akan menjadi masa depan komputasi dan ingin membawa VR kepada para pengguna PC sebanyak mungkin. Beberapa waktu lalu Microsoft menyatakan bahwa berbagai pabrikan komputer akan merilis produk headset VR untuk PC dengan banderol mulai dari USD 299, jauh lebih murah dibanding produk Oculus Rift dan HTC Vive.

Spesifikasi hardware minimal yang dibutuhkan juga sangat jauh di bawah HTC Vive dan Oculus Rift yang membutuhkan prosesor dan kartu VGA kelas high end. Persyaratan hardware minimum yang diminta Microsoft juga menjangkau headset VR kelas bawah yang hanya digunakan untuk fungsi menonton video, gaming ringan atau berbagai aplikasi harian lainnya.

Spesifikasi minimal Windows 10 VR yang dirilis Microsoft.

  • CPU: Intel Mobile Core i5 (e.g. 7200U) Dual-Core with Hyperthreading atau setara, Intel Core i3 Desktop CPU atau setara.
  • GPU: Intel HD Graphics 620 (GT2) atau lebih tinggi, kompatibel dengan DX12
  • RAM: 8GB+ Dual Channel
  • HDMI: HDMI 1.4 untuk 2880 x 1440 @ 60 Hz. HDMI 2.0 atau DP 1.3+ untuk 2880 x 1440 @ 90 Hz
  • Media penyimpanan data: 100GB+ SSD (Preferred) / HDD
  • Bluetooth: 4.0 lebih tinggi untuk aksesoris.

Pada Windows 10 versi Creators Update yang menitikberatkan 3D Gaming dan film 4K, persyaratan spesifikasi yang dibutuhkan akan semakin tinggi. Jika ingin memaksimalkan pengalaman pada Windows 10 Creators Update dibutuhkan GPU diskret yang cukup powerful. GPU yang minimal yang direkomendasikan setidaknya Nvidia GTX 965M atau RX460 untuk laptop. Sedangkan desktop dibutuhkan Nvidia GTX960/1050 atau AMD Radeon RX460.

Microsoft menggunakan teknologi pelacak untuk membuat “safety zone” yang memungkinkan pengguna bergerak ketika menjelajah dunia VR atau bermain game. Microsoft akan mensyaratkan pengguna untuk membuat ruang aktif yang digunakan untuk bergerak bebas agar tidak terbentur objek lain.

Microsoft berharap kedepannya headset VR akan mampu berinteraksi dengan PC secara nirkabel sehingga pengguna lebih bebas bergerak dan beraktivitas dengan VR pada area yang lebih luas. Audio akan semakin memiliki peran oenting dalam dunia VR, Cortana akan memiliki peran semakin penting pada aplikasi VR Windows 10. Microsoft merekomendasikan produsen VR headset untuk memasang mikrofon ganda, sebuah headphone jack atau susunan sistem audio sehingga pengguna bisa mendapatkan pengalaman audio dari Cortana secara maksimal.

Tidak hanya gaming dan hiburan saja, Windows 10 Creators Update juga akan mendukung Universal Windows Apps (UWP) untuk platform VR. Browser Microsoft Edge juga akan memiliki kemampuan VR yang mendukung standart WebVR. Tidak berhenti samapi di situ saja, Microsoft memiliki target yang tinggi untuk menjadi penyedia aplikasi dan konten VR terbesar dengan merancang sistem solusi one stop untuk berbagai konten VR.

Sumber 1 dan  Sumber 2

Bagi yang ingin mendapatkan informasi terkini mengenai produk headset VR yang sudah tersedia di Indonesia, bisa mengunjungi Dinamika Perkasa Jaya

 

In this article

Join the Conversation

1 comment

  1. Selama 2016, Nilai Penjualan Game PC Mencapai 4,5 Kali Lipat Game Konsol - Informasi Hardware, Gadget , TIps dan Trik Balas

    […] alih pasar headset VR tahun depan. Namun semua prediksi tersebut berpotensi berubah drastis setelah Microsoft merilis Windows 10 Creators Update dan berbagai pabrikan hardware PC merealisasikan janjinya untuk memproduksi headset VR dengan harga […]


Lewat ke baris perkakas