Microsoft Melakukan Eksperimen Konsep Hybrid Tablet-Smartphone 3 in 1

Microsoft sedang bereksperimen pada produk gadget berteknologi layar fleksibel, menyusul duo korea LG dan Samsung. Pekan ini, berhasil ditemukan paten baru dari Microsoft yang berisi detail apa yang...

305 0
305 0

Microsoft sedang bereksperimen pada produk gadget berteknologi layar fleksibel, menyusul duo korea LG dan Samsung. Pekan ini, berhasil ditemukan paten baru dari Microsoft yang berisi detail apa yang terlihat sebagai konsep perangkat Surface dengan layar yang mampu dilipat, memungkinkan smartphone bertransformasi menjadi tablet.

Paten tersebut didaftarkan pada 2014 lalu dan mendeskripsikan secara detail akan konsep baru perangkat mobile. Jika melihat bentuknya terdapat 3 mode berbeda pada satu perangkat tersebut, mode smartphone, mode tablet, dan mode tablet dengan kickstand.

Paten ini terdaftar atas nama Kabir Siddiqui dari Microsoft ysng sebelumnya juga mandaftarkan paten untuk kickstand Surface dan kamera Surface untuk Microsoft. Paten ini sendiri menunjukkan keinginan dan harapan Microsoft akan wujud Surface phone nantinya, yang beberapa saat terakhir semakin santer rumornya beredar.

Sebagaimana yang dinyatakan The Verge (via kitguru), secara historis Microsoft selalu ‘out of the box’ dalam merancang produk Surface. Diantaranya aspek rasio layar, atau kickstand pada tablet Surface. Beberapa tahun terakhir posisi Microsoft di pasar smartphone memang cenderung tidak beruntung, namun konsep smartphone seperti paten tersebut bisa jadi mengubah keadaannya.

Bagaimanapun juga konsep ini masih sebatas daftar paten, dimana tidak jaminan akan muncul produk pasar berbasis konsep pada paten tersebut. Hingga saat ini konsep smartphone layar lipat masih jauh dari produk nyata, walaupun LG sudah siap memproduksi masal layar fleksibel dan Samsung juga dilaporkan akan merilis Galaxy X akhir tahun ini. Namun tidak menutup kemungkinan Microsoft juga akan memberi kejutan dengan merilis smartphone dengan konsep futuristik dan ‘out of the box’ pada tahun ini atau tahun berikutnya.

In this article

Join the Conversation


Lewat ke baris perkakas