Microsoft Bergabung Dengan Linux Foundation

CEO Microsoft sebelumnya Steve Ballmer boleh saja menyebut Linux sebagai “kanker” pada 15 tahun silam, namun saat ini segalanya berubah. Microsoft yang selama ini membangun ekosistem softwarenya berbasis...

278 0
278 0

CEO Microsoft sebelumnya Steve Ballmer boleh saja menyebut Linux sebagai “kanker” pada 15 tahun silam, namun saat ini segalanya berubah. Microsoft yang selama ini membangun ekosistem softwarenya berbasis closed-source akhirnya bergabung dengan Linux Foundation. Akhir-akhir ini Microsoft memang secara bertahap mulai merangkul segmen open-source, hingga menjadi organisasi kontributor open source terbesar di Github.

Sebagaimana yang dilaporkan oleh Ars Technica bahwa Microsoft selama beberapa tahun terakhir memang berkontribusi pada Linux, dan direktur utama Linux Foundation Jim Zemlin sangat menyambut baik langkah Microsoft tersebut. Microsoft benar-benar menganut arah perubahan yang diusung oleh Satya Nadella dan saat ini raksasa software tersebut sudah menjadikan PowerShell, Visual Studio Code, dan Microsoft Edge Javascript engine sebagai open source. Microsoft juga bekerjasama dengan Canonical untuk mengusung Ubuntu ke Windows 10 dan mengakuisisi Xamarin untuk membantu pengembangan aplikasi mobile. Microsoft bahkan menjadikan Xamarin SDK dan tool developer sebagai open source dan membawa SQL Server ke Linux.

Bersamaan dengan bergabungnya Microsoft ke Linux Foundation. Google juga membuat kejutan tersendiri dengan bergabung pada .NET Foundation yang mengelola bahasa pemrograman .NET Platform yang menjadi bagian dari Microsoft untuk berkompetisi melawan Java dan Android. Walau Google tidak menunjukkan ketertarikan untuk mendukung .NET atau menyediakan aplikasi untuk platform Microsoft UWP, namun Google berencana untuk mendukung .NET dalam Google Cloud Platform.

Kabar mengenai open source Microsoft juga datang bersamaan dengan kabar rilisnya Visual Studio untuk Mac. Visual Studio for Mac dibangun pada Xamarin Studio yang sudah diakuisisi Microsoft pada awal tahun ini. Software baru ini memungkinkan developer Windows dan Mac untuk saling berbagi dan berkontribusi dalam sebuah proyek.

 

 

In this article

Join the Conversation


Lewat ke baris perkakas